Berita Internasional

PERISTIWA LANGKA Denyut Magnetik Terdengar di Mars Tepat Tengah Malam

Insight Lander, robot milik NASA yang bertugas di Planet Mars, baru-baru ini menangkap fenomena tidak biasa. Rangkaian denyut magnetik terdengar

PERISTIWA LANGKA Denyut Magnetik Terdengar di Mars Tepat Tengah Malam
Google Image
Planet Mars. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Insight Lander, robot milik NASA yang bertugas di Planet Mars, baru-baru ini menangkap fenomena tidak biasa. Rangkaian denyut magnetik terdengar di Mars, tepat pada tengah malam.

Fenomena ini menimbulkan misteri di kalangan para peneliti. Penyebabnya belum diketahui. Para ilmuwan kini tengah meneliti apakah suara tersebut berasal dari permukaan atau bawah tanah Mars.

Mengutip situs Big Think, Senin (23/9/2019), hal yang tidak biasa pada denyut magnetik ini adalah momennya yang sama dengan fenomena tidak biasa di Bumi seperti Aurora borealis.

Sementara itu, analisis para peneliti saat ini adalah adanya hubungan magnetik yang dihasilkan oleh Planet Mars terhadap Insight Lander yang mendarat di permukaannya.

Baca: Gelandangan Terancam Didenda dalam RKUHP, Tamara Bleszynski Marah, Mereka adalah Kewajiban Mu

Baca: Benarkah Waktu Pernikahan Rezky Aditya & Citra Kirana Dekat, Razer Patricia Masih Simpan Fotonya

Baca: JADI MITOS, Petahana Wali Kota Banjarmasin Takkan Bisa Jabat Dua Periode, Begini Kata Pengamat

Meski begitu, para ilmuwan di NASA tengah mengkaji penemuan ini lebih dalam dengan menerbangkan satelit MAVEN di angkasa Planet Mars.

Informasi ini dipresentasikan dalam European Planetery Science Congress and the American Astronomy Society di Jenewa, Swiss, pada 15-20 September 2019.

Insight Lander telah mendarat di Mars sejak November 2018. Beberapa informasi yang telah dikumpulkan antara lain temperature pada permukaan, suara gempa bumi dari perut Planet Mars, dan pengukuran ladang magnetik di pulau tersebut.

Data dari Insight Lander menemukan bahwa permukaan Planet Mars memiliki ladang magnetik yang sangat besar, 10 kali lebih besar dibanding Bumi.

Hal ini membuktikan bahwa Mars pada masa lampau pernah memiliki ladang magnet yang mumpuni untuk kehidupan. Radiasi dipercaya mengubah planet merah tersebut seperti sekarang.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved