Berita Tanahlaut

Dua Siswa MAN ICT Tanahlaut Raih Juara Satu MYRES

Kebahagiaan diungkapkan Rizki Munawwarah Damoiko dan Rofiqa Zulfa Salsabila. Dua siswi MAN Insan Cendekia Tanahlaut (ICT)

Dua Siswa MAN ICT Tanahlaut Raih Juara Satu MYRES
Istimewa
Foto bersama Rizki dan Bella bersama kepsek hilal dan direktur KSKK Madrasah Diri Pendia Kemenag RI A Umar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Kebahagiaan diungkapkan Rizki Munawwarah Damoiko dan Rofiqa Zulfa Salsabila. Dua siswi MAN Insan Cendekia Tanahlaut (ICT) ini tak mengira akan menjadi juara satu nasional Madrasah Young Researcher Supercamp (MYRES) Kategori Sosial dan Humaniora di Manado Sulawesi Utara 17 September kemarin.

MYRES sendiri merupakan kompetisi penulisan karya ilmiah tingkat nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras dan dukungan orang tua, Madrasah dan teman-teman usaha yang kami lakukan selama ini tidak sia-sia”, ungkap Rizki kepada banjarmasinpost.co.id.

Selama ini tambah Salsabila mereka hanya berpikir agar penelitian ini dapat dilaksanakan dengan sebaik mungkin dengan langsung terjun keobyek penelitian.

Baca: DPD Golkar Banjarbaru Buka Pendaftaran Sistem Manual, Satu Bacalon Langsung Kirim Utusan

Baca: Link Live Streaming Inter Milan vs Lazio di Bein Sports 2 Liga Italia Pekan 5, Ini Cara Nontonnya

Baca: Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor Daftarkan Diri Pada Pencalonan Kepala Daerah Partai Nasdem

“Kami ikut masuk kelobang dalam lokasi penambangan intan dan kami merasakan bagaimana upaya mereka menantang maut untuk menemukan intan yang sangat berharga”, papar Bella sapaan akrab Salsabela dengan mata berbinar.

Keduanya yang tergabung dalam satu tim penelitian melakukan penelitian dengan judul “Alasan dan Harapan Wanita Penambang Intan Lubang Dalam; Fenomena Bekerja Menantang Maut”. Karya tulis ilmiah mereka berhasil menyisihkan ribuan siswa lain seluruh Indonesia.

"Semoga kemenangan kami ini bisa mengharumkan nama Tanahlaut dan Kalimantan Selatan," ujarnya.

MYRES tahun ini jelas Bella ada 214 pendaftar tingkat Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan 799 pendaftar tingkat Madrasah Aliyah (MA). Dalam MYRES terdapat tiga kategori bidang karya ilmiah yang dikompetisikan, yaitu: Bidang Matematika, Sains dan Pengembangan Teknologi (MST), Bidang Ilmu Sosial dan Humaniora (ISH), serta Bidang Ilmu Keagamaan.

Peserta MYRES mengunggah proposal penelitian bersamaan dengan dilakukannya pendaftaran. Kemudian 27 tim terbaik mengikuti asistensi oleh dewan juri di Jakarta beberapa waktu yang lalu. Setelah diasistensi, siswa kembali melakukan penelitian mendalam dan mengumpulkan data dari sumber primer dan sekunder, kemudian menganalisis dan menuangkannya dalam tulisan ilmiah. Proses selanjutnya adalah dikirimkan kembali ke panitia pelaksana di Jakarta untuk dilakukan penilaian.

Berdasarkan hasil penilaian tersebut ditetapkan sembilan tim yang diundang untuk masuk ke grand final termasuk salah satunya tim dari MAN ICT. Sembilan tim tersebut mempresentasikan hasil penelitiannya di grand final di Manado.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved