Berita Kalteng

Gubernur Sugianto Ikut Padamkan Kebakaran Lahan, Perusahaan Tambang Kirim Tim Pemadam ke Kalteng

Tim tersebut akan bergabung bersama tim dari DLH Kalteng, selama seminggu, memadamkan bara api di sekitar Kalimantan Tengah.

Gubernur Sugianto Ikut Padamkan Kebakaran Lahan, Perusahaan Tambang Kirim Tim Pemadam ke Kalteng
(Istimewa/Humar Pemprov Kalteng)
Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran saat memadamkan kebakaran lahan di Jalan Mahirmahar arah Palangkaraya - Kabupaten Pulangpisau. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Upaya pemadaman kebakaran hutam dan lahan di Palangkaraya, Kalimantan Tengah hingga, Kamis (26/9/2019) terus dilakukan. Bahkan, personil pemadaman juga diturunkan oleh perusahaan tambang yang ada di Kalteng.

PT Adaro Indonesia dan mitra kerja mengirim tim gabungan Brigdal (Brigade Pengendali) karhutla ke Palangkaraya dalam rangka membantu, mengatasi kabut asap akibat karhutla di Kalimantan Tengah, yang sampai saat ini belum juga bisa tertangani.

Tim gabungan tersebut, terdiri dari dua orang dari ERT PT Adaro Indonesia, enam orang ERT PT DKP, dua orang ERT PT SIS, satu orang ERT PT Pama, satu orang ERT Buma, serta empat orang operator dan driver.

Tim tersebut akan bergabung bersama tim dari DLH Kalteng, selama seminggu, memadamkan bara api di sekitar Kalimantan Tengah.

Baca: Gubernur Sugianto Copot Kadisdik Kalteng, Kabar Pencopotan Slamet Winaryo Beredar di Grup WA Kepsek

Baca: Kabut Asap Pekat Terjadi Lagi di Kota Barabai HST, Sekolah Dipulangkan Lebih Awal

Baca: Hujan Turun, Satgas Karhutla Diminta Waspada, Pagi Bandara Masih Ada Asap, 7 Penerbanganan Terganggu

Kepala Teknik Tambang PT Adaro Indonesia, Suhernomo, mengatakan, keterlibatan tim Adaro dalam penanganan Karhutla tersebut, sebagai upaya agar dapat mengurangi penderitaan masyarakat yang terdampak asap, karena kebakaran lahan yang makin sulit dipadamkan.

Dia berharap, seluruh tim bisa bekerja sepenuh hati memadamkan api tanpa harus memaksakan diri.“Tim memakai seragam yang berbeda-beda, namun saya yakin hati tetap satu, dan bekerja secara ikhlas dan tulus untuk masyarakat ,” katanya.

Karhutla sempat mengganggu aktivitas operasional, PT Adaro Indonesia, dampaknya minggu kemarin, operasional berhenti selama 4 jam setiap harinya akibat asap."Memadamkan kebakaran lahan jadi tanggungjawab kita bersama," ujarnya.

Sementara itu, upaya pemadaman kebakaran lahan juga langsung dicontohkan oleh Gubenur Kalteng, H Sugianto Sabran yang langsung turun ke lapangan dalam memadamkan kebakaran lahan di Jalan Mahirmahar arah Palangkaraya-Pulangpisau.

Gubernur Sugianto, berharap semua pihak ikut berpartisipasi dalam upaya mencegah kebakaran lahan dan tidak membakar lahan untuk berladang atau pertanian."Saya minta jangan ada yang membakar lahan, jika ada kebakaran lahan dekat rumah segera saja padamkan dan laporkan ke petugas," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved