Bumi Sanggam

Juara Umum MTQ Nasional ke-13 di Lampihong, Kafilah Batuman Wakili Balangan Ke Provinsi

Kecamatan Batumandi menjadi juara umum pada MTQ Nasional ke-13 tingkat Kabupaten Balangan yang berlangsung di Lampihong

Juara Umum MTQ Nasional ke-13 di Lampihong, Kafilah Batuman Wakili Balangan Ke Provinsi
Humas Pemkab Balangan
Bupati Balangan, H Ansharuddin membuka perhelatan MTQ Nasional ke 13 Tingkat Kabupaten Balangan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN – Kecamatan Batumandi menjadi juara umum pada MTQ Nasional ke-13 tingkat Kabupaten Balangan yang berlangsung di Lampihong, Kecamatan Lampihong, Kabupaten Balangan, sejak Sabtu (21/9/2019) hingga Senin (23/9/2019) kemaren.

Ketua Dewan Hakim MTQ Nasional ke-13 tingkat Kabupaten Balangan, Saiful Hadi mengatakan Kecamatan Batumandi menjadi juara umum setelah berhasil meraih juara 1 dari total empat kategori yang dilombakan.

Saiful Hadi menambahkan selanjutnya para khafilah yang menjadi juara 1 pada MTQ Nasional ke-13 tingkat Kabupaten Balangan ini akan mewakili Balangan di MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan. Dimana nantinya kegiatan tersebut akan berlangsung di Kabupaten Kotabaru, November 2019 mendatang.

Sementara itu Bupati Balangan, H Ansharuddin mengatakan kegiatan tersebut merupakan suatu perhelatan yang dianggap sangat sukses. Karena keterlibatan masyarakat Lampihong yang luar biasa.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Lampihong utamanya yang telah menyediakan fasilitas untuk pemondokan kafilah dari semua kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan," ujarnya saat menghadiri acara penutupan MTQ Tingkat Kabupaten Balangan tersebut.

Ansharuddin juga berjanji kepada Khafilah yang bisa meraih juara 1 pada MTQ Nasional tingkat Provinsi Kalimantan Selatan untuk diberangkatkan umrah ke tanah suci.

Di samping itu Camat Batumandi, Husni mengatakan karena perolehan juara umum ini, akan ada support dan reward kepada para kafilah.

“Mudah-mudahan di tahun 2020 nanti kami sebagai tuan rumah insyaallah akan merebut lagi juara umum, alhamdulillah Batumandi sudah juara umum yang ketiga kali jadi piala bergilir sudah milik kami yaitu Kecamatan Batumandi," tukasnya.

MTQ Nasional ke-13 tingkat Kabupaten Balangan yang berlangsung di Kecamatan Lampihong memperlombakan empat kategori. Selanjutnya MTQ Nasional ke-14 tingkat Kabupaten Balangan pada tahun 2020 akan berlangsung di Kecamatan Batumandi.

Sebelumnya, pada saat acara pembukaan MTQ Nasional ke 13 tingkat Kabupaten Balangan berlangsung pada Sabtu (21/9) kemaren, Bupati Balangan, Ansharuddin, ajak anak-anak Magrib Mengaji dan akan diwacanakan masyarakat muslim wajib mengaji dengan Perda.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan di acara pembukaan MTQ Nasional Ke 13 Tingkat Kabupaten Balangan, Lapangan Bumi Daya Lampihong, Kecamatan Lampihong, Balangan.

"Alhamdulillah pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke 13 Tingkat Kabupaten Balangan ini, partisipasi masyarakat sangat-sangat banyak yang hadir, ini menandakan adanya kecintaan orang Banua kepada Al Qur'an," ungkap orang nomor satu di Balangan ini.

Ansharuddin berharap dengan adanya MTQ ini mampu menjadikan banyak Qori dan qoriah asli masyarakat Balangan, bukan berasal dari daerah lain.

"Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional Ke 13 Tingkat Kabupaten Balangan, mampu memberikan dampak yang luar biasa, jadi saya berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan sebaik-baiknya," lanjutnya.

Melalui pelaksanaan MTQ ini memberikan semacam pembelajaran kepada masyarakat Balangan bahwa pentingnya untuk menyikapi dan mendalami ilmu-ilmu Al Quran. Karena Ilmu Al Quran adalah petunjuk bagi semua umat muslim.(aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved