Berita Balangan

Kabut Asap Makin Pekat, BPBD Balangan Bagikan Masker ke Pengguna Jalan dan Pelajar

Kota Paringin kembali diselimuti kabut asap, Rabu (25/9/2019) kemaren. Bahkan kali ini, area perkotaan di wilayah berjuluk Bumi Sanggam

Kabut Asap Makin Pekat, BPBD Balangan Bagikan Masker ke Pengguna Jalan dan Pelajar
BPBD Balangan untuk Banjarmasinpost.co.id
Kabut Asap Makin Pekat, BPBD Balangan Bagikan Masker ke Pengguna Jalan dan Pelajar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Kota Paringin kembali diselimuti kabut asap, Rabu (25/9/2019) kemaren. Bahkan kali ini, area perkotaan di wilayah berjuluk Bumi Sanggam itu merasakan kabut yang dianggap cukup pekat. Selain itu juga sempat membuat jarak pandang terbatas.

Berdasarkan situasi itu, BPBD Balangan lantas menggelar aksi sosial. Mereka langsung turun ke jalam raya untuk membagikan masker kepada pengguna jalan setempat.

Selain itu, pihak sekolah juga sempat memulangkan lebih awal peserta didik. Hal tersebut sebagai cara untuk mengurangi dampak dari apa yang disebabkan oleh kabut asap.

Kasi Kedaruratan BPBD Balangan, Muhammad Syuhada mengatakan, aksi bagi masker merupakan respon cepat BPBD Balangan dalam menyikapi kabut asap yang terasa jauh lebih parah dari sebelumnya.

Baca: Asyikkk, Galaxy S10 Sekarang Dapat Fitur-fitur Galaxy Note 10, Pembaruan Software

Baca: Sewaktu Irwan Mussry Diperkenalkan Maia Estianty, Al-El-Dul: Om Irwan Enggak Mainin Bunda Kan?

Baca: Via Vallen Jadi Target Santet ART Setelah Curi Celana Dalam, Reaksi Pedangdut Kesayangan Rhoma Irama

Lokasi utama pembagian masker yakni di area Jalan A Yani, 0 KM, Paringin, Balangan, Kalsel. Selain itu mereka juga menuju sejumlah sekolah untuk membagikan masker tersebut.

Pembagian masker itu ujar Syuhada merupakan upaya untuk meminimalisir dampak buruk kabut asap. Khususnya bagi kesehatan pernafasan warga yang terhirup kabut. Terlebih dampaknya yakni pada penyakit ISPA.

Dibanding sebelumnya, Kamis (26/9/2019), Kabupaten Balangan bersih dari kabut asap.

Disampaikan warga Paringin Kota, Nurul Jannah, kabut asap tidak terjadi, bahkan hingga menjelang sore. Aroma kabut pun sudah tak tercium lagi.

"Kemaren memang kabut sekali. Sampai ada yang bagikan masker. Hari ini saya rasa udaranya bersih. Tidak tercium aroma asap," ucapnya.

Terlepas dari itu, mengenai penanganan Karhutla Syuhada kembali memberikan komentar. Paparnya, BPBD Balangan terus berupaya secara maksimal untuk pemadaman. Di antaranya siaga untuk menaklukan si jago merah di kawasan manapun pada wilayah Balangan.

"Kami selalu siaga turun ke lapangan untuk penanganan Karhutla, tapi memang ada beberapa kendala yang diadapi," jelas Syuhada.

Beberapa permasalahan yang ia maksud yakni sulitnya akses ke titik api, apalagi ketika berada pada area hutan atau lahan yang tidak bisa ditempuh menggunakan alat transportasi. Selain itu, kesulitan air saat jauh dari sumber air, dan terbatasnya peralatan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved