Saraba Kawa

Kembangkan Usaha Bersama di Masyarakat, Dinas Sosial Tabalong Serahkan Bantuan

Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial kembali menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu.

Kembangkan Usaha Bersama di Masyarakat, Dinas Sosial Tabalong Serahkan Bantuan
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Direktur Penanganan Fakir Miskin Wilayah II Kemensos I Wayan Wirawanberikan bantuan kepaada penerima kube secara simbolis. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong melalui Dinas Sosial kembali menyerahkan bantuan sosial kepada masyarakat kurang mampu.

Jenis bantuan yang diberikan yaitu bantuan Usaha Ekonomi Produktif Produktif (UEP), kelompok usaha bersama (KUBE), rehabilitasi sosial rumah tidak layak huni, dan sarana prasarana lingkungan penanganan fakir miskin wilayah II di Pendopo Bersinar, Kamis (26/09/2019).

Plt Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani mengatakan bantuan yang disalurkan adalah Kube Perkotaan diberikan kepada 30 penerima dan Kube Fakir Miskin kepada 40 penerima. Untuk penerima Kube mendapatkan dana Rp 20 juta tiap yang digunakan untuk mengembangkan usaha.

Bantuan yang bersumber dari APBN ini diharapkan bisa mengembangkan usaha milik warga sehingga membantu meningkatkan pendapatan. Bantuan lain yang diserahkan adalah Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) sebannyak 102 penerima. Tiap penerima mendapatkan bantuan Rp 15 juta untuk memperbaiki tempat tinggal.

Bantuan dari Kementtian Sosial yang diberikan juga adalah Sarana Prasarana yang diberikan ke Desa Bilas Kecamatan Upau.

Dalam kegiatan ini juga diserahkan bantuan yang bersumber APBD 2019 berupa bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) yangvdiberikan kepada 25 penerima. "Untuk memudahkan operasional Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) diberikan sepeda motor sebanyak 12 unit yang diberikan ditiap kecamatan," ujarnya.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Direktur Penanganan Fakir Miskin wilayah II Kemensos I wayan Wirawan dirinya mengatakan program dari Pemerintah Pusat bisa sampai ke masyarakat sesuai dengan yang diharapkan.

"Program untuk warga kurang mampu ini diharapkan bisa mengentaskan kemiskinan dan menjadi wujud dari kepedulian Pemerintah kepada masyarakat," ujarnya.

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani yang juga menghadiri kegiatan ini mengatakan Pemerintah Daerah sejalan dengan pemerintah pusat dalam menjalankan program sosial.

Terpisah Fatmawati warga Desa Purai Kecamatan Banua Lawas mengatakan krlompok bersama yang dijalankan adqlqh peternakan itik. "Dengan adanya bantuan ini digunakan untuk meningkatkan usaha agar menghasilkan telur itik yang lebih banyak," ujarnya.

(Banjarmasinpost.co id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved