Bumi Selidah

Sosialisasikan UU Ormas, Bupati Hj Normiliyani Harapkan Warga Pahami Peran dan Fungsi Ormas

Melalui sosialisasi UU Ormas masyarakat dapat lebih mengerti dan mengetahui proses pembentukan ormas, baik mengenai pengertian, asas, ciri, sifat

Sosialisasikan UU Ormas, Bupati Hj Normiliyani Harapkan Warga Pahami Peran dan Fungsi Ormas
Humas Pemkab Batola
Melalui sosialisasi Undang-Undang organisasi kemasyaraatn masyarakat di Batola Diharapkan Lebih memahami Peran dan Fungsi ormas 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Sosialisasi ormas (organisasi kemasyarakatan) berguna memberi pemahamam dan wawasan hukum mendirikan serta mengelola ormas di samping dapat memberdayakan peran dan fungsi dalam mendorong tumbuhkembangnya kesadaran dan kemandirian.

Demikian diutarakan Bupati Barito Kuala (Batola) Hj Noormiliyani AS melalui Asisten Bidang Pemerintahan M Anthony saat membuka Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Organisasi Kemasyarakatan, di Aula Bahalap Kantor Bupati Batola, Selasa (24/09/2019).

“Melalui sosialisasi diharapkan masyarakat dapat lebih mengerrti dan mengetahui proses pembentukan ormas, baik mengenai pengertian, asas, ciri, sifat, tujuan, fungsi ruang lingkup, pendirian, pendaftaran, hak dan kewajiban, organisasi, kedudukan, kepengurusan, keanggotaan, AD/ART, keuangan, badan usaha, dan pemberdayaan ormas sebagaimana diatur dalam undang-undang tentang organisasi kemasyarakatan,” katanya.

Perlu disadari, sebut bupati, ormas bersifat sukarela, sosial, mandiri, nirbala, demokratis, serta bertujuan untuk meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap tuhan yang maha esa, melestarikan, memelihara norma, nilai, moral, etika, budaya masyarakat, melestarikan SDA dan lingkungan, mengembangkan kesetiakawanan sosial, gotong-royong, toleransi, menjaga, memelihara, serta memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Untuk itu harapan saya kepada seluruh peserta hendaknya mengikuti kegiatan dengan baik dengan mendengarkan seksama apa yang disampaikan narasumber dan tidak ragu menanyakan hal-hal yang kurang dipahami serta belum dimengerti,” harap bupati.

Sehingga, lanjutnya, diperoleh pemahaman mengenai dasar hukum tentang peran dan fungsi organisasi kemasyarakatan sekaligus dapat menjadi jembatan untuk terbangunnya komunikasi harmonis antara Pemkab Batola dengan berbagai ormas dalam mendukung pencapaian visi dan misi pembangunan bagi kesejahteraan masyarakat.

Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan Ormas yang diikuti 60 peserta berasal dari kecamatan, ormas, dan LSM ini menghadirkan narasumber Dr Hj Ratna Rosana MPd (Kabid Hanseni Agama Ekonomi Kemasyarakatan Badan Kesbangpol Provinsi Kalsel) serta Kepala Badan Kesbangpol Batola Drs Noor Ipani.

Ketua Panitia Pelaksana Kasubbid Fasilitasi Parpol, Pemilu dan Ormas, Hidayatullah mengatakan, maksud dan tujuan digelarnya kegiatan untuk memberikan pemahaman tentang peran dan fungsi ormas dalam rangka mendukung pembangunan daerah.Kegiatan ini juga dimaksudkan, lanjut Hidayatullah, untuk mencari solusi dan menyatukan pendapat tentang permasalahan terkait ormas sekaligus sebagai wadah komunikasi dalam mempererat hubungan antara pemerintah dengan ormas. (aol)

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved