Berita Kotabaru

Anggaran Pilkada Kotabaru 2020 Telan Rp 34,9 Miliar, Zainal Abidin: Menyesuaikan Jumlah TPS

Proses persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Kotabaru, kini mulai berproses sesuai tahapan.

Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Proses persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Kotabaru, kini mulai berproses sesuai tahapan.

Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotabaru sedang tahap persiapan, penentuan regulasi termasuk didalamnya pembuatan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) ke Pemerintah Daerah dan DPRD Kotabaru.

Menurut Ketua KPU Kotabaru, Zainal Abidin, Jumat (27/9/19) mengatakan persiapan anggaran setelah adanya pimpinan Definitif Ketua DPRD Kotabaru, jajarannya mulai mengajukan. KPU telah menyodorkan anggaran pilkada ke Pemerintah Daerah yang nantinya akan dibahas di dewan.

"Kami sudah membuat Naskah Perjanjiam Hibah Daerah (NPHD). Mengajukan anggaran Pilkada 2020 di APBD Kotabaru dengan besaran Rp 34,9 miliar, " kata Zainal Abidin.

Baca: Jelang Kontra Uni Emirat Arab dan Vietnam, Panggil 25 Pemain, Simon McMenemy Terkendala Bek Tengah

Baca: VIRAL #BebaskanAnandaBadudu Trending Twitter, Setelah Musisi Ananda Badudu Dijemput Polisi

Baca: Budayawan Bentara Budaya Vanesa Martida dan Warih Wisatsana Kunjungi Kalsel Awal Oktober Ini

Anggaran tersebut sudah sesui dengan perhitungan dan segala kelengkapan yang diperlukan serta operasionalnya. Sehingga pelaksanaam Pilkada bisa berjalan dengan lancar dan sukses.

Zainal juga menyebutkan, anggaran itu juga menyesuaikan jumlah TPS. Akan ada pengurangan TPS untuk menyesuaikan anggran yang tersedia sehingga ada pengurangan jumlah TPS.

Sebelumnya ada 1.115 TPS di Kotabaru, namun pada Pilkada di 2020 mendatang, diperkirakan jumlah TPS maksimal hanya 925 TPS saja. Pengurangan itu juga upaya menyesuaikan anggaran yang tersedia selama pelaksanaan.

"Jumlah TPS dikurangi jadi, pemilih TPS nanti yang diperbanyak orangnya karena tahun ini juga berbeda dengan Pilpres kemarin. Pada Pilkada ini hanya ada surat suara yakni Bupati dan Gubernur saja, " jelasnya.

Waktu yang diperlukan juga tidak terlalu lama. Pengurangan jumlah TPS dianggap sudah sesuai dan bisa lebih maksimal dalam pelaksanaan Pilkada 2020 mendatang.

"Jumalh DPT kita di Kotabaru saat ini ada sebanyak 223.136 pemilih dan jumlah TPS diperkecil menjadi maksimal 925 TPS di Pilkada 2020 nanti, " tandas Zainal. (banjarmasinpost.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved