Berita Balangan

Film JumAhad Bawa Pesan Persatuan, Siswa SMKN 1 Batu Mandi Raih Juara 1 Festival Film Nasional

Film Pendek JumAhad karya siswa SMKN 1 Paringin berhasil keluar juara 1 dalam Dian Didaktika Film Festival.

Film JumAhad Bawa Pesan Persatuan, Siswa SMKN 1 Batu Mandi Raih Juara 1 Festival Film Nasional
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Siswa SMKN 1 Batu Mandi, Andi Risdianto dan Tim mendapatkan penghargaan dari Bupati Balangan atas prestasi pemenang film pendek tingkat nasional 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Bangga, itulah yang dirasakan oleh siswa SMKN 1 Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Kalsel.

Bagaimana tidak, dalam satu ajang nasional, yakni Dian Didaktika Film Festival, sejumlah siswa yang mewakili SMK di Bumi Sanggam tersebut pulang dengan piala.

Ya, mereka mendapatkan prestasi juara satu dalam lomba festival film pendek tersebut.

Atas prestasinya itu pula, para siswa tersebut mendapatkan penghargaan dari Bupati Balangan, H Ansharuddin. Mereka juga mendapatkan uang pembinaan oleh Pemkab Balangan sebagai hadiah atas kemenangan yang diraih.

Ketua Tim sekaligus sutradara film pendek, Andi Risdianto mengatakan, film yang mereka buat mengenai kenegaraan. Dimana film pendek itu menyampaikan pesan bahwa persatuan Indonesia itu dalam hal yang paling kecil.

Baca: Diolesi Warga Pupur Basah Sebelum ke Sawah, Wabup dan Paman Birin Pasrah

Baca: Amarah Elza Syarief tahu Poppy Kelly minta maaf pada Nikita Mirzani, Seteru Barbie Kumalasari Cuek?

Baca: Barito Putera vs Persebaya, Berada di Zona Degradasi, Laskar Antasari Wajib Menang

Baca: Hasil Akhir Persipura vs PSM Makassar Liga 1 2019 : Skor Akhir 3-1, Ezra Walian Cetak Gol

"Karena mungkin saya yakin zaman sekarang banyak orang yang menganggap persatuan di Indonesia itu sudah mulai hilang. Walupun tidak semua orang menganggap seperti itu," ucap Andi, Jumat (27/9/2019).

"Sehingga di film ini saya ingin mengingatkan lagi bahwa persatuan di Indonesia itu masih ada dan bahkan dalam hal yang paling kecil sekalipun seperti yang ada di film kami,"tambahnya.

Film pendek yang Andi dan tim buat memakan waktu selama satu bulan. Mereka mengambil latar tempat cerita pada satu kos yang ada di Paringin, serta Masjid Al Akbar yang kini menjadi ikon ibu kota Kabupaten Balangan tersebut.

Film tersebut, berjudul JumAhad. Berasal dari kata Jumad dan Ahad sebagaimana cerita yang ada di film. Selain itu kata Ahad sendiri berarti satu dalam bahasa Ibrani.

Jelas Andi, banyak hal yang dilakukan dalam proses pembuatan film tersebut. Di antaranya praproduksi, yakni membuat cerita, menulis naskah, memilih crew, mencari lokasi syuting dan sejenisnya.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved