Berita Tapin

NEWSVIDEO : Kabut Asap Menyelimuti Kota Rantau, BPBD Tapin Bagikan Masker Gratis

Kabut asap menyaput langit di wilayah Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (27/9/2019) pagi

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Kabut asap menyaput langit di wilayah Rantau, ibu kota Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (27/9/2019) pagi hingga pukul 10.12 Wita.

Itu akibat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kabupaten Tapin. Diduga kabut asap itu karena hujan deras yang mengguyur kabupaten Tapin, sore kemarin.

Kabut asap itu memerihkan mata dan beraroma tak sedap seperti bekas kebakaran. Diduga angin yang tak kencang sehingga kabut asap tidak cepat lenyap.

Menyikapi kondisi itu, Sub Satgas 9 gabungan penanggulangan karhutla di Posko Induk BPBD Kabupaten Tapin membagikan masker.

Baca: REI Expo Kalsel 2019, Pengembang Geber Promo dari Free Booking Fee Hingga Hadiah Elektronik

Baca: Sarwendah Gila? Tangis Ibunda Bertrand Peto Saat Istri Ruben Onsu Dapat Sesuatu dari Sosok Ini

Baca: Sebagian Data Perekaman KTP El di Banjar Ganda, Begini Upaya Dukcapil

Baca: Lezatnya Sop Buntut Swiss-Bell Hotel Banjarmasin

Titik sasaran pembagian masker kepada para pengendara yang melintas di simpangan lampu merah, Kelurahan Kupang, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Kabupaten Tapin, H Akhmad Sofyan menjelaskan pembagian masker itu antisipasi terhadap penyakit inspeksi saluran pernapasan.

"Kabut asap ini akibat Karhutla, kegiatan pembagian masker terus dilaksanakan selama persedian masih ada di gudang persediaan," katanya.

Hari ini, Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin merilis cuaca berkabut dan empat hot spot terdeteksi di empat titik. Dua titik di Kecamatan Tapin Selatan dan masing-masing satu titik di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.

Baca: Dokumen Penting untuk Persiapan Seleksi CPNS 2019, Formasi Tenaga Kesehatan & Guru Terbanyak

Baca: Gambut Terbakar di Guntung Damar Tak Kunjung Padam, Paman Birin Terjun Langsung Padamkan Api

Baca: Video Vanessa Angel Diduga Lamaran Muncul, Eks Bibi Ardiansyah Susul Rezky Aditya & Citra Kirana?

Sehari sebelumnya, karhutla melanda sejumlah wilayah, seperti di Tapin Selatan, karhula mendekati areal perkebunan PT HCT dan bekas lubang tambang di areal pertambangan di perbatasan Tapin Selatan dan Salambabaris.

Kemudian, Kecamatan di Candi Laras Utara, di Desa Telukhaur, kebakaran lahan hampir menggegerkan warga setempat karena kobaran api sudah mendekati permukiman.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved