Berita Kabupaten Banjar

Pemkab Banjar dan Pemko Banjarbaru Sepakati Bersama Batas Daerah

Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan kesepakatan bersama dengan penandatanganan batas daerah, yang ditandatangani

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar dengan Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan kesepakatan bersama dengan penandatanganan batas daerah, yang ditandatangani langsung oleh Bupati Banjar, H Khalilurrahman.

Kesepakatan difasilitasi Pemprov Kalimantan Selatan oleh Biro Pengembangan Setda Kalsel, terkait batas wilayah Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru.

Bupati Banjar, H Khalilurrahman mengatakan kesepakatan bersama tentang batas wilayah antara Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru, dengan tarikan batas sekitar kurang lebih 62,9 kilometer, dan jumlah titik sepanjang garis batas 162 titik yang dimulai dari pertigaan Desa Tambak Padi, Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar dengan Kelurahan Landasan Ulin Selatan, Kecamatan Liang Anggang, Kota Banjarbaru.

Baca: Formasi Favorit Pendaftaran CPNS 2019 dan Bocoran Jadwal Seleksi di link sscasn.bkn.go.id

Baca: Curhat Ayu Ting Ting dan Shaheer Sheikh Bocor, Sahabat Ruben Onsu Merasa Nyaman

Baca: Ketidakjujuran Roger Danuarta Pada Cut Meyriska Hingga Sekarang, Teman Marcella Simon Desak Suaminya

“Kabupaten Banjar sendiri berbatasan dengan enam Kabupaten dan dua kota, yakni Tanah Bumbu, Hulu Sungai Selatan, Kotabaru, Tapin, Batola, dan Tanah Laut, serta Banjarmasin, dan Banjarbaru,” ujar Khalilurrahman

Sementara Kepala Bagian Pengembangan Kapasitas Pemda Biro Pemerintahan Setda Kalsel, Maman Suherman, menjelaskan kesepakatan batas daerah tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1991, dan sudah ditandatangani dalam bentuk peta.

“Dengan melakukan survey lapangan dengan menyusuri hampir setiap jengkal, batas sekarang sudah berubah, dahulu masih rawa-rawa sekarang sudah banyak perumahan yang membuat batas wilayah berkelok-kelok. Dari 162 titik batas yang disepakati oleh tim, dengan keberadaan Aero City maka 38 hektare wilayah Kabupaten Banjar berada di Banjarbaru,” jelas Maman Suherman

Selanjutnya disepakati antara Wali Kota Banjarbaru dan Bupati Kabupaten Banjar yang sudah menemukan kesepakatan bersama, dan nanti akan dibahas pada draft di Jakarta menentukan batas daerah Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru.

“Kabupaten Banjar ini salah satunya mempunyai batas wilayah segmen batas yang paling banyak meliputi enam Kabupaten dan Kota, maka dari itu Pemprov Kalsel akan memberikan fasilitas pengembangan batas-batas wilayah di Kabupaten Banjar,” tutupnya.

Penyelesaian tapal Batas Antara Kabupaten Banjar dengan Kota Banjarbaru, ini artinya tersisa dengan Kabupaten Tanah Laut, tapal batas Kabupaten Banjar yang belum selesai.

Maman Suherman mengatakan saat ini Kabupaten Banjar memiliki batas wilayah dengan 8 Kabupaten/Kota, dan yang sudah selesai sudah ada 7 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Kalimantan

"Saya Harap Pihak Pemerintah Kabupaten Banjar memberikan dukungan dalam penyelesaian tapal batas wilayah Kabupaten Banjar yang saat ini hanya dengan Kabupaten Tanah Laut, kami pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan akan berusaha sebaik mungkin dalam upaya penyelesaian tapal batas, terutama tapal batas Wilayah Kabupaten Banjar dengan pihak Kab/Kota lain yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

 

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved