Berita Tabalong

Pemkab Tabalong Salurkan Bantuan Sosial Dana Rp 20 Juta Untuk Tingkatkan Usaha Kelompok Bersama

Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong belum lama ini menyalurkan bantuan sosial untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) kepada warga.

Pemkab Tabalong Salurkan Bantuan Sosial Dana Rp 20 Juta Untuk Tingkatkan Usaha Kelompok Bersama
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Erna warga Kasiau Tabalong yang mengembangkan jual sembako dari dana bantuan sosial Pemkab Tabalong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong belum lama ini menyalurkan bantuan sosial untuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) kepada warga. Dana yang diberikan untuk mengembangkan usaha yang dikembangkan oleh kelompok.

Salahsatu kelompok yang diberikan bantuan adalah di Desa Purai Kecamatan Banua Lawas, Fatmawati salah satu warga mengatakan bahwa selama ini kelompok desanya mengembangkan peternakan itik. Itik yang dipelihara dijadikan itik petelur, anggota kelompok menjadikan usaha jual beli telur.

“Kami akan gunakan dana bantuan yang diberikan untuk mengembangkan peternakan itik, dengan jumlah itik yang bertambah berarti bertambah juga hasil telur yang dijual, ujarnya.

Baca: Puluhan Ribu Muslim se-Kalimantan Kumpul di Palangkaraya, Hadiri Tablig Akbar Habib Umar Asal Yaman

Baca: Kebakaran Terjadi di Gang Aliyah Kelayan A Banjarmasin, Relawan Berjibaku Padamkam Api

Salahsatu penerima bantuan adalah Erna warga Kasiau Kecamatan yang digunakan untuk mengembangkan jual sembako. Jual sembako ini sangat membantu dirinya untuk mencukupi kebutuhan sehari hari. Suami Erna yang merupakan buruh sadap karet milik orang lain sangat sedikit penghasilannya. “Dengan berjualan membantu menambah pendapatan keluarga,” ujarnya.

Kepala Dinas Sosial Tabalong Yuhani mengatakan untuk mendapatkan bantuan Kelompok usaha bersama harus masuk menjadi anggota kelompok isaha bersama.

"Penerima harus masuk dalam data base terpadu, penerima PKH dan yang terustama adalah masuk dalam kelompok usaha dan memiliki usaha," ujarnya.

Baca: Warga Kaget Lubang Sebesar Sumur Muncul di Perkampungan dan Pantai Usai Gempa, Ini Penjelasan BMKG

Program ini dilakukan secara berkelanjutan dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi kerakyatan, masyarakat bisa mengelola usaha secara mandiri.

"Tidak hanya memberi bantuan permodalan, pemerintah daerah juga terus memberikan pembinaan agar usaha terus berlanjut," ujarnya. Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved