Berita Tapin

Bupati Arifin Arpan Ingin Akses Jalan Bendungan Tapin Naik Status Jadi Jalan Nasional, Ini Alasannya

Bupati Tapin HM Arifin Arpan menghendaki ruas jalan Rantau Baru - Pipitak Jaya di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, ditingkatkan statusnya.

Bupati Arifin Arpan Ingin Akses Jalan Bendungan Tapin Naik Status Jadi Jalan Nasional, Ini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Bupati Tapin HM Arifin Arpan terlibat berdiskusi dengan Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Dwi Purwanto usai menandatangani kerjasama dokumen Konsultasi RTD Bendungan Tapin di Pendopo Balahendang Rantau, Senin (30/9/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bupati Tapin HM Arifin Arpan menghendaki ruas jalan Rantau Baru - Pipitak Jaya di Kecamatan Piani, Kabupaten Tapin, ditingkatkan statusnya menjadi jalan negara.

Kehendak itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan dalam acara Konsultasi Rencana Tindak Darurat (RTD) Bendungan Tapin di Desa Pipitak Jaya dan Harakit Kecamatan Piani.

Menurut Bupati Tapin kondisi ruas jalan yang ada tidak lebar hanya enam meter. Jika bendungan Tapin beroperasi dan menjadi obyek wisata andalan di Kalsel, mobil jenis bis besar yang akan melintas.

Tak hanya itu, aset jalan kabupaten yang masuk dalam wilayah yang ditenggelamkan, hendaknya digantikan pihak Balai Wilayah Sungai Kalimantan II untuk ruas jalan kabupaten di wilayah hulu dari Bendungan Tapin.

"Saya ingin agar PUPR Kabupaten Tapin bersama Balai Wilayah Sungai Kalimantan II dapat mengupayakan status jalan arah Bendungan Tapin itu menjadi jalan negara," katanya, Senin (30/9/2019).

Baca: Bupati Tapin Hadiri Walimah Perkawinan Putri Guru Kapuh Hulu Sungai Selatan

Baca: Pencairan Dana Cadangan Pilkada Kalsel Dilakukan Usai NPHD Diteken Gubernur

Baca: Pemkab Batola Kebut Pembangunan Jejangkit Eco Park, Bupati Noormiliyani : 2022 Diperkirakan Selesai

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tapin, Yustan Azidin mengakui kalau ruas jalan menuju Bendungan Tapin berstatus jalan kabupaten.

"Kalau ditotal ruas jalannya sekitar 37 kilometer dari Rantau ke lokasi Bendungan Tapin. Kami punya 159 ruas jalan milik kabupaten yang ditangani," katanya.

Kepala Balai Wilayah Sungai Kalimantan II, Dwi Purwanto mengaku sudah berkoordinasi terkait ruas jalan dari Rantau menuju Bendungan Tapin untuk naik statusnya menjadi jalan provinsi.

"Saya sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas PUPR Provinsi Kalsel. Kalau proses peningkatan status jalan itu tentunya dari Kabupaten ke Provinsi kemudian ke Nasional itu kita akan koordinasi lebih dahulu dengan provinsi untuk peningkatannya," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/ Mukhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved