Industri Rumahan Khas Kalteng Menawan

Keindahan Motif Benang Bintik Kalteng dan Maknanya, Resmi Jadi Baju Batik Wajib ASN dan Pelajar

Benang bintik sendiri punya ciri khas gambar masing-masing pada tema cetakannnya sehingga terlihat indah, ada bertema gambar rumah betang.

Keindahan Motif Benang Bintik Kalteng dan Maknanya, Resmi Jadi Baju Batik Wajib ASN dan Pelajar
tribunkalteng.com/faturahman
Kain Benang Bintik khas Kalteng. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Bagi warga Kalimantan Tengah, kain benang bintik sudah tidak asing lagi, karena kain ini merupakan jenis kain khas Bumi Tambun Bungai nama lain dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Kain batik benang bintik ini, saat ini sudah resmi jadi baju wajib batik yang dikenakan oleh pegawai negeri sipil (ASN) atau pihak swasta di Kalimantan Tengah, bahkan juga jadi kain seragam pelajar di Kalteng.

Benang bintik sendiri punya ciri khas gambar masing-masing pada tema cetakannnya sehingga terlihat indah, ada bertema gambar rumah betang, ada juga gambar senjata khas mandau, tameng hingga gambar pohon kehidupan atau pohon batang garing.

Baca: Selamat Hari Batik Nasional 2019, Kumpulan Meme Kocak Hari Batik dari Superman Hingga Google Doodle

Baca: Kerajinan Rotan Industri Rumahan Khas Kalteng Menawan dan Diminati Warga Jepang

Baca: Pengamat Universitas Palangkaraya Sebut Makin Tinggi Partisipasi di Pilgub Kalteng 2020 Makin Baik

Baca: 8 Bupati, Mantan Bupati dan Wali Kota serta Gubernur Mendaftar Jadi Cagub Kalteng di Pilgub 2020

Kain atau baju batik benang bintik ini banyak dijual di toko-toko aksesoris Khas Kalteng, atau di tempat-tempat tertentu seperti toko pakaian atau bahkan pameran kerajinan khas Kalteng pada event tertentu seperti saat pameran pembangunan Kalteng juga ada yang menjualnya.

Anang dan Paramitha, warga Jalan Badak Lurus, Kelurahan Bukitrunggal Kecamatan Jekanraya, Palangkaraya selama ini menggeluti kerajinan mencetak kain benang bintik dengan membuka usaha pembatikan benang bintik dengan sistem cetak.

"Ada macam cetakan kain ini, dengan motif rumah betang bermakna falsafah kebersamaan dan kerukunan dalam hidup, maupun pohon batang garing berarti pohon kehidupan yang juga punya makna sendiri bagi warga lokal," ujarnya. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved