Serambi Mekkah

Momentum Hari Kesaktian Pancasila Juga Menggema di Banjar, Upacaranya Dipimpin oleh Wakil Bupati

Peristiwa bersejarah Hari Kesakitian Pancasila juga diperingati oleh Pemkab Banjar bersama TNI dan Polri serta diikuti kalangan pelajar

Momentum Hari Kesaktian Pancasila Juga Menggema di Banjar, Upacaranya Dipimpin oleh Wakil Bupati
MC Dinas Kominfo Banjar
KHIDMAT -¬†Wabup Banjar H Saidi Mansyur menjadi inspektur upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Selasa (1/10/2019) pagi. 

BANJARMASINPOST.COMID, MARTAPURA - Tiap tanggal 1 Oktober selalu diperingati bangsa ini sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Momentum itu menyimpan makna tersendiri seluruh rakyat Indonesia.

Peringatan momentum itu pun selalu dilakukan di seluruh penjuru negeri, termasuk di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejarah momentum tersebut tak lepas dari tragedi berdarah yang memilukan. Kala itu terjadi pembantaian terhadap enam jenderal dan seorang kapten serta beberapa korban lainnya.

Insiden tersebut di sebut-sebut sebagai sebuah upaya kudeta serta tersebar isu sebagai usaha dari sebuah partai yakni Partai Komunis Indonesia atau dikenal dengan sebutan PKI untuk mengubah ideologi Pancasila dengan ideologi komunis.

Peristiwa bersejarah tersebut, Selasa (1/10/2019) juga diperingati oleh Pemerintah Kabupaten Banjar bersama TNI dan Polri serta diikuti kalangan pelajar.

Semua peserta upacara khidmat mengikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 yang bertempat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha, Martapura, itu.

Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019 mengangkat tema Pancasila Sebagai Dasar Penguatan Karakter Bangsa Menuju Indonesia Maju dan Bahagia. Upacara berlangsung tertib dan lancar.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur. Sementara itu Komandan Upacara yakni AKP Boma Wedhayanto.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Banjar HM Hilman. Lalu jajaran pejabat Sqtian Kerja Perangkat Daerah di lingkup apemerintah Kabupaten Banjar dan Forkominda Banjar. (AOL)

Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved