Berita Batola

Percepat Pengangkutan, Truk Akan Diparkir di TPS Beratap Kawasan Los-los Pasar Handil Bakti Batola

Menurut Supardi, pihaknya akan segera membangun tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pasar Induk Handil Bakti dengan sistem atap.

Percepat Pengangkutan, Truk Akan Diparkir di TPS Beratap Kawasan Los-los Pasar Handil Bakti Batola
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Tempat pembuangan sampah (TPS) di Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti, Alalak, Kabupaten Batola. Dalam waktu dekat TPS ini akan direlokasi seiring pelebaran Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti Kecamatan Alalak. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - UNIT pelaksana teknis daerah (UPTD) Kebersihan Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batola merencanakan akan memarkir truk pengangkut sampah sampah di samping lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pasar Induk Handil Bakti dengan sistem atap.

“Iya jadi truk pengangkut sampah akan kita parkir tepat di samping lokasi tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pasar Induk Handil Bakti dengan sistem atap. Jadi begitu selesai angkut sampah, maka truk akan kita parkir di lokasi tersebut. Ini akan memudahkan percepatan pengangkutan sampah, “ kata Kepala unit pelaksana teknis daerah (UPTD) Kebersihan Dinas Pekerjaaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Batola, Selasa (1/10/19/

Menurut Supardi, pihaknya akan segera membangun tempat pembuangan sampah (TPS) di kawasan Pasar Induk Handil Bakti dengan sistem atap.

Baca: Hari Pertama Penerapan Smart Prensensi 4.800 PNS Batola Kacau, Banyak PNS Keluhkan Aplikasi Eror

Baca: Puting Beliung Batola, Hamidah dan 3 Anaknya Tertimbun Runtuhan Atap, Selamat Berkat Tiang Ranjang

"Iya dalam waktu dekat kita akan membangun TPS sistem atap di kawasan Pasar Induk Handil Bakti. Paling lambat November 2019 ini juga pembangunannya," ujarnya.

Supardi tengah berkonsultasi dengan dinas pasar Batola agar peletakkan TPS itu tidak menganggu. Masalah sampah itu sensitif sehingga untuk letak pembangunan TPS itu harus koordinasi dengan dinas pasar.

“Jangan sampai nanti dibangun TPS, nanti ada orang atau warga komplain. Selain itu, jangan sampai TPS itu dibangun, malah tidak ada yang mengisi,” katanya.

Menurut Supardi, meski TPSnya bentuknya bagus, tapi ada yang keberatan nanti malah ribut juga.
Saat ini bidang kebersihan sudah incar posisi TPS di belakang los-los Pasar Induk Handil Bakti yang baru direhab.

“Kami sudah mengajukan permohonan disediakan bak sampah dengan kapasitas besar ukuran 3 x 6 meter dengan sistem atap supaya jika hujan tidak makin bau,” katanya.

Ditambahkan Supardi, ratusan Pedagang kaki lima (PKL) buah dan lapak non permanen di jalur hijau Jalan Trans Kalimantan, Handil Bakti yang direlokasi ke Pasar Induk Handil Bakti bisa membuang sampah ke TPS tersebut.

Baca: Pimpinan DPRD Kalsel Menandatangani Kesepakatan dengan Para Pengunjuk Rasa yang Berisi Tuntutan ini

Baca: Polda Kalsel Turunkan 600 Personel yang Sudah Dibriefing hanya Menggunakan ini

Lebih lanjut Supardi menyatakan petugas yang berjaga di TPS beratap Pasar Induk Handil Bakti akan digilir sehingga sampah tak sempat menumpuk. TPS tersebut. Dengan TPS beratap tersebut, maka tumpukan sampah tidakan akan kehujanan.

“Dengan TPS sistem atap, maka akan mengurangi berat dan bau sampah serta limbah cairan. Limbah sampah paling bau itu yakni limbah cairnya,” kata Supardi. (Banjarmasinpost.co.id/edi nugroho).

Penulis: Edi Nugroho
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved