Berita Tabalong

Polres Tabalong Hentikan Penyelidikan Kasus Keracunan Massal PT SIS, Begini Alasannya

Polres Tabalong telah menghentikan penyelidikan kasus keracunan massal yang terjadi pada karyawan PT SIS

Polres Tabalong Hentikan Penyelidikan Kasus Keracunan Massal PT SIS, Begini Alasannya
banjarmasinpost.co.id/reni kurnia wati
Kasat Reskrim Polres Tabalong Iptu Matnur 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG – Satuan Reskrim Polres Tabalong saat ini telah menghentikan penyelidikan kasus keracunan massal yang terjadi pada karyawan PT SIS pada Jumat (30/08/2019) lalu. Alasanya, karena insiden tersebut bukanlah termasuk tindak pidana.

Kapolres Tabalong AKBP Hardiono SIK melalui Kasat Reskrim Polres Tabalong Iptu Matnur mengatakan, terkait peristiwa keracunan massal yang terjadi di PT SIS saat itu pihaknya telah melakukan tindakan kepolisian diantaranya meminta ketengan saksi baik dari pihak penyedia makanan dan korban.

Beberapa sampel makanan seperti sisa makanan, nasi kotak yang masih utuh, bahan mentah hingga sisa muntahan karyawan dibawa ke Laboratorium BPOM Banjarmasin untuk dilakukan pemeriksaan.

Dari Hasil pengecekan lab ternyata dibeberapa sample yang dikirim terdapat bakteri Staphylococcus Aureus, namun bakteri tersebut tidak bisa dipastikan berasal dari sumber makanan yang mana,” ungkapnya, Selasa (01/10/2019).

Baca: Hillary Brigitta Lasut, Anggota DPR Termuda, Ayah-Ibunya Ternyata Bupati, Ini Harta Kekayaan

Baca: Nama Kajari Kotabaru Dicatut, Digunakan Minta Uang ke Beberapa Kepala Desa

Baca: Bikin Penderitanya Sulit Bernafas, Ini 6 Kebiasaan Meluapkan Emosi yang Bisa Bikin Asma Kambuh

Baca: Mendagri Tjahyo Kumolo Ditunjuk Jadi Plt Kemenkhumham Lewat Keppres

Dari keterangan analis BPOM Banjarmasin bakteri tersebut tidak membutuhkan oksigen untuk berkembeng biak, dan bisa mengakibatkan mual, muntah, nyeri perut dan pusing. Dan bakteri tersebut juga bisa bersumber dari mana saja seperti dari kulit manusia, debu, binatang, pernafasan.

Iptu Matnur menambahkan pihaknya telah melakukan gelar perkara dengan menyesuaikan antara yang dilakukan karyawan penyedia makanan dengan standar operasional yang ada.

Baca: Link Live Streaming JUVENTUS VS BAYER LEVERKUSEN di TV Online Vidio.com Liga Champion Malam Ini

Baca: Perdebatan Ashanty dan Anang Hermansyah Soal Syahrini di Depan Raffi Ahmad dan Ririn Ekawati

Dan dari gelar saat penyediaan makanan sesuai dengan SOP seperti penyimpanan bahan baku, penggunaan sarung tangan dan aturan lainnya.

“Pemeriksaan sementara dihentikan, namun masih bisa dilanjutkan jika terdapat barang bukti baru,” ungkapnya. (Banjarmasinpost.co.id/ Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved