Bumi Sanggam

Jarak Lebih 12 Km, Akses Jalan Sulit, Bupati Balangan dan Dandim Temui Warga di Lokasi TMMD ke-106

Jalur menuju tempat TMMD ditempuh menggunakan trail. Jarak dari pusat desa menuju RT 3 yang merupakan anak desa di wilayah itu mencapai lebih 12 Km.

Jarak Lebih 12 Km, Akses Jalan Sulit, Bupati Balangan dan Dandim Temui Warga di Lokasi TMMD ke-106
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi berinteraksi dengan warga di lokasi desa TMMD ke 106 yakni di Dusun Libarusungkai, Desa Binuangsantang, Kecamatan Halong. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN- Bupati Balangan, H Ansharuddin dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi mendatangi lokasi Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 TA 2019 Kodim 1001/Amuntai-Balangan. Lokasi tersebut, yakni Desa Binuangsantang RT 3, Kecamatan Halong, Rabu (2/10/2019).

Jalur menuju tempat TMMD ditempuh menggunakan trail. Jarak dari pusat desa menuju RT 3 yang merupakan anak desa di wilayah itu mencapai lebih 12 kilometer. Jalur yang ditempuh pun merupakan area pegunungan yang jalannya masih tanah.

Pembangunan yang dilakukan di Desa Binuangsantang yakni berupa pembuatan jalan desa dan bedah rumah. Selain itu ada pula kegiatan nonfisik yakni bakti sosial, penyuluhan dan sejenisnya.

Sampainya di lokasi, Bupati Balangan dan Dandim 1001/Amuntai-Balangan disambut para warga. Bahkan sempat ada interaksi dan diskusi antara warga dan pimpinan wilayah berjuluk Bumi Sanggam tersebut di tempat TMMD.

Melihat kondisi jalan, kepada warga desa, Ansharuddin menerangkan TMMD yang akan digelar. Paparnya, apabila TNI telah selesai melakukan peningkatan jalan, maka Pemkab Balangan berencana akan melanjutkan proses tersebut. Sehingga akses menuju perkotaan pun menjadi lebih mudah.

Sebagaimana diketahui, TMMD telah membuat jalan menuju anak desa Binuangsantang, yakni Desa Libarusungkai menjadi lebih lebar. Sehingga jalan yang awalnya hanya bisa dilintasi kendaraan roda dua, sudah bisa diakses mobil jenis sport.

Perihal kegiatan tersebut, Dandim 1001/Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi menerangkan, akan ada beberapa kegiatan yang digelar di Desa Libarusungakai. Program utama yakni membuat pengecoran pada jalan yang saat ini masih tanah merah dan bebatuan.

Jelasnya, saat musim hujan, akses keluar masuk desa menjadi susah. Karena jalan tersebut tidak bisa dilintasi menggunakan sepeda motor. Bahkan untuk pejalan kaki pun dianggap sulit. Warga juga lebih memilih jarang keluar karena susahnya akses menuju pusat desa.

Sasaran daerah TMMD ujarnya merupakan wilayah yang dianggap terisolir. Sehingga para TNI akan bergerak untuk pembangunan di kawasan tersebut. Dimana akan ada lebih dari 100 personel TNI bergotong royong dengan warga untuk melaksanakan pembangunan fisik jalan.

"Lokasi desa untuk TMMD 106 ini yakni Bilarusungakai merupakan komunitas adat terpencil yang terisolir. Sehingga perlu dibangunnya akses jalan terdekat untuk meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat," jelasnya.

Sementara sasaran fisik yakni penimbunan batu pada jalan sepanjang kurang lebih 3.554 meter, lebar 1,4 meter dan tinggi 15 cm. Kemudian akan dilaksanakan pengecoran beton pada jalan tesebut yang panjang dan tingginya tetap sama dan lebarnya yakni 1,6 meter.

Selain itu, digelar pula kegiatan bakti sosial yakni pengobatan massal khitanan massal, donor darah, pelayanan KB dan pasar murah.

Adapula kegiatan penyuluhan kesehatan masyarakat, keluarga berencana, pertanian dan perkebunan. Serta penyuluhan tentang peternakan dan perikanan ,bahaya narkoba dan sejumlah penyuluhan lainnya.

Personel TNI pun jelasnya akan berusaha bekerjasama dengan warga setempat untuk proses pembangunan tersebut. Bahkan beberapa hari terakhir saat persiapan sebut Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, warga bersedia membantu para personel yang bertugas di lokasi.(*/Aol)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved