Berita Banjarbaru

Letkol Arm Siswo Tegaskan Lahan Milik Pribadi Harus Memiliki ini

Komandan Kodim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol terus melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan

Letkol Arm Siswo Tegaskan Lahan Milik Pribadi Harus Memiliki ini
kodim 1006 martapura
patroli lokasi kebakaran lahan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Komandan Kodim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol terus melakukan patroli kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan lokasi Guntung Damar sekitarnya.

Patroli menggunakan Sepeda motor Trail bersama BPBD Banjarbaru didampingi Pasi Ops dan Pasi Log, hal tersebut selain jalan sempit juga jangkauan sulit jadi harus menggunakan sarana tersebut untuk langsung mencapai sasaran ke titik api.

Meski hujan buatan terus dilakukan dan titik api sudah berkurang namun kerawanan akan terjadi apabila hal ini tidak dilakukan.

Di lokasi handil Andil Mayet, Kelurahan Syamsudin Noor.

Kecamatan Landasan ulin, lahan terbakar puluhan hektare.

Saat menyusuri, di lokasi lahan kavlingnya terlihat papan tanah milik warga Rini Maryati /Mahardika dengan luas 50 x 200 ini lahannya gambut terbakar terlihat tidak adanya parit dan sket pembatas api.

Baca: Bagian Tubuh Atta Halilintar Ini Disentil Bebby Fey Depan Melaney, Teman Verrell Bramasta Disinggung

Baca: 2 Kata Nagita Slavina Saat Lihat Ayu Ting Ting Terungkap, Raffi Ahmad Langsung Bereaksi Begini

Baca: Kekesalan Raffi Ahmad Gara-gara Ulah Udik Mpok Alpa, Suami Nagita Slavina: Malu-maluin!

"Juga terlihat beberapa patok hak milik warga yang sudah ada, terkesan tidak memperhatikan lahannya terbakar, apalagi lokasinya dekat dengan perkampungan," ucap Komandan Kodim 1006/ Mtp Letkol Arm Siswo Budiarto S.IP.MM.MI.Pol, Rabu (2/10).

"Hal ini pula sebagai pertimbangan nantinya kami laporkan ke pemerintah daerah bahwa izin tertib penggunaan lahan milik pribadi harus ada parit dan jalur pemisah api sehingga paling tidak memperkecil api yang membakar," tegas Dandim.

Sementara dari BPBD Banjarbaru mengungkapkan patroli yang dilakukan meliputi lokasi Handil 15 yang sudah terbakar kemudian mencari titik api ke Handil Mayet memang betul ada lahan Kaplingnya milik warga.

Diharapkan ada perhatian dari masyarakat pemilik tanah, sehingga berikutnya apabila hal serupa terjadi di tahun depan, bisa mengurangi dampak kebakaran lahan.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved