Berita Balangan

NEWSVIDEO : Bupati Balangan Buka Pelaksanaan TMMD ke 106 TA 2019 Kodim 1001/ Amuntai-Balangan

Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 TA 2019 Kodim 1001/ Amuntai-Balangan akhirnya dibuka, Rabu (2/10/2019).

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Pelaksanaan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD)  ke 106 TA 2019 Kodim 1001/ Amuntai-Balangan akhirnya dibuka, Rabu (2/10/2019).

Program tersebut rencananya akan berlangsung selama satu bulan ke depan, yakni hingga tanggal 30 Oktober 2019.

Bupati Balangan, H Ansharuddin berperan sebagai inspektur upacara pada pembukaan tersebut.

Sementara berhadir pula Dandim 1001/ Amuntai-Balangan, Letkol Inf Ali Ahmad Satriyadi, kepala desa se Kecamatan Halong dan pimpinan SKPD se Kabupaten Balangan serta para tamu undangan.

Meski dalam kondisi cuaca yang gerimis, pelaksanaan upacara pembukaan TMMD ke 106 TA 2019 Kodim 1001/Amuntai-Balangan tetap berlangsung. Letkol Inf Ali Ahmad sebagai lelaksana kegiatan melaporkan segala hal yang akan dilaksanakan saat TMMD.

Baca: Kajati Kalsel Cek Lokasi Proyek Pengembangan Bandara Syamsudin Noor, 15 November 2019 Siap Launching

Bupati Balangan, H Ansharuddin mengatakan,  TMMD kali ini merupakan TMMD ketiga yang digelar di Kabupaten Balangan. Dimana melalui TMMD bisa membantu percepatan pembangunan di daerah Balangan.

"Kehadiran program TMMD bukan sekedar menghadirkan pembangunan fisik. Lebih penting adalah terbangunnya semangat gotong royong, meningkatnya kepedulian sosial dan semangat kebersamaan membangun desa," ucap Ansharuddin.

Ansharuddin pun menerangkan, kegiatan TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Serta memantapkan kesadaran masyarakat berbangsa bernegara dan disiplin nasional.

Sebutnya, masyarakat bukan hanya menerima kehadiran para anggota TNI yang akan membantu membangun desa. Tetapi dapat juga berpartisipasi bergabung dengan para tentara untuk bergotong-royong.

Tentunya, program TMMD ujar Ansharuddin bukan untuk TNI semata, melainkan ditujukan kepada kenyamanan akses masyarakat setempat. Ia pun berharap ke depan apabila terjadi kesalahpahaman antarwarga, maka melalui penyelengaraan TMMD yang tidak hanya pembangunan fisik, juga bisa membuka pola fikir masyarakat.

"Program apapun yang ditujukan untuk masyarakat hanya akan berhasil dan bermanfaat secara optimal jika masyarakat memahami dan mendukungnya sebagai penerima manfaat, " ucap Ansharuddin.

Baca: Safar Bukan Bulan Sial, Amalan Terbaik di Bulan Safar Serta Keistimewaan Bulan Setelah Muharram Ini

Tambahnya, masyarakat harus menyadari dan lebih merasa memiliki dalam memelihara fasilitas yang diberikan. Sehingga ke depan jelasnya, manfaat yang disuguhkan dalam kegitan TMMD bisa terasa berkelanjutan.

Program TMMD kali ini digelar di Desa Binuangsantang, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan. Satu desa yang dianggap terpencil dan tidak terjangkau oleh pemerintah. 

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti) 

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved