KalselPedia

KalselPedia-Sanggar Idaman Banjarbaru Promosikan Wisata Kampung Purun Lewat Tarian

Sanggar Idaman Banjarbaru adalah salah satu sanggar yang terbilang cukup eksis di Kota Banjarbaru dan berdiri kurang lebih sembilan tahun terakhir.

KalselPedia-Sanggar Idaman Banjarbaru Promosikan Wisata Kampung Purun Lewat Tarian
instagram @sib_management
Beberapa penari Sanggar Idaman Banjarbaru sedang membawakan tarian Pesona Galuh Mamurun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Sanggar Idaman Banjarbaru adalah salah satu sanggar yang terbilang cukup eksis di Kota Banjarbaru dan berdiri kurang lebih sembilan tahun terakhir.

Sanggar Idaman Banjarbaru awalnya fokus menggeluti seni tari tradisional serta kontemporer. Dan belakangan ini juga mulai menggeluti seni madihin.

Dan menariknya di bawah binaan CSR PT PLN Ranting Banjarbaru, Sanggar Idaman Banjarbaru membuat program pelatihan madihin dan juga tari Dayak Mandau secara gratis dengan tujuan membantu mereka atau anak-anak yang kurang mampu untuk menyalurkan hobi dan bakatnya di dunia seni.

Dan sanggar yang memiliki anggota sekitar 30 orang terdiri atas pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum ini sudah sering tampil di seputaran Banjarbaru hingga Kalsel. Malah sudah pernah tampil di Yogyakarta, Jakarta hingga Maluku.

Baca: KalselPedia: Tokoh-tokoh Sejarah di Kalsel dari Berbagai Bidang

Baca: KalselPedia: Desa Belandean Muara, Barito Kuala, Tempat Pengasingan Sultan Suriansyah

Baca: KalselPedia: Nama-nama Kapal Milik PT DLU Cabang Batulicin dan Tujuan Keberangkatan

Menariknya juga melalui karyanya, Sanggar Idaman Banjarbaru ikut memperkenalkan serta mempromosikan kebudayaan masyarakat Banjar yakni membuat anyaman dari tanaman purun.

Apalagi seperti diketahui di Banjarbaru ada salah satu tempat yang belakangan terkenal sebagai sentra produksi kerajinan tangan dari purun yakni Kampung Purun. Bahkan Kampung Purun kini menjadi salah satu destinasi wisata di Banjarbaru.

Dan mempromosikan kerajinan purun serta Kampung Purun ini dilakukan dengan cara menciptakan tarian bernama Pesona Galuh Mamurun yang diciptakan pada Juli lalu.

Penari pun membawa properti anyaman purun yang sudah dibuat menjadi tikar dan juga topi, dan mereka sangat apik membawakannya.

Tarian ini pun dibawakan oleh Sanggar Idaman Banjarbaru saat mengikuti festival tari daerah Kalsel 2019 di Taman Budaya Kalsel dan masuk lima besar penyaji terbaik.

Tidak hanya di Kalsel saja, tari Pesona Galuh Mamurun ini ternyata sudah dipentaskan hingga provinsi tetangga yakni Kalteng tepatnya saat HUT Palangkaraya.

Halaman
12
Penulis: Frans
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved