Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Karyawan PDAM Bandarmasih Gelar Shalat Istisqa

Shalat Istisqa digelar di Intake Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalsel dengan melibatkan direksi, pejabat struktural, karyawan PDAM Bandarmasih

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Musim kemarau masih berlangsung di Kalimantan Selatan terkhusus Kota Banjarmasin, Kamis (3/10/2019).

Kemarau ini berdampak cukup luas bagi masyarakat sekitar, baik dari munculnya kebakaran lahan, kabut asap, hingga yang terbaru adalah krisis air bersih.

Setidaknya ada dua kelurahan yang sempat menjerit akibat kesulitan air bersih yakni di Kuin Cerucuk dan Kuin Selatan Kecamatan Banjarmasin Barat.

Penyebabnya pun tidak lain, yakni akibat kemarau yang cukup ekstrem dan panjang, sehingga menimbulkan intrusi air laut yang berimbas terhadap suplai air baku  di salah satu intake PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) Bandarmasih Sungai Bilu Kota Banjarmasin.

Baca: Satu Atap Bangunan Sekolah Rusak Parah, Kepala SMKN 1 Kusan Hulu Siapkan Ruang Cadangan

Baca: Pemprov Kalsel Rombak Jabatan Direksi PT Bangun Banua, Dirut Ari Bastari Dicopot

Baca: Puting Beliung Amuk Anjir Pasar dan Ulu Benteng Batola, 1 Rumah Terdampak

Baca: Gelar Pertemuan di Banjarmasin, Wali Kota se-Indonesia Tandatangani Piagam Kota Inklusif

Kondisi ini, berimbas pada terganggunya suplai air bersih ke pelanggannya.

Sehubungan itupula, PDAM Bandarmasih Kamis (3/10/2019) tadi mengambil langkah berbeda. Bila sebelumnya mereka telah membuka layanan gratis air bersih, usaha kali ini dilakukan menggelar shalat Istisqa.

Shalat Istisqa sendiri digelar di Intake Sungai Tabuk Kabupaten Banjar Kalsel dengan melibatkan direksi, pejabat struktural, karyawan PDAM Bandarmasih beserta masyarakat setempat.

Sementara Ustadz Akhmad Jumadi, LC, Imam sekaligus penceramah pada shalat Istisqa itu mengatakan kondisi ini menunjukkan bukti bahwa manusia adalah makhluk yang lemah dan fakir.

Semua umat manusia juga tidak ada yang lepas dari ujian. Oleh karenanya sebagai makhluk Tuhan, sudah seharusnya manusia pun meningkatkan ketakwaannya.

" Karena ujian sendiri juga merupakan sunatullah yang berlaku kepada setiap umat manusia baik yang suka maupun tidak suka, baik yang beriman, maupun tidak beriman, sesuai firmanNya, 'sungguh akan Kami berikan ujian kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar, " jelasnya.

Sedangkan Direktur Utama PDAM Bandarmasih, Ir Yudha Achmadi mengatakan tidak memungkiri hampir satu bulan terakhir Kalimantan Selatan terkhusus Kota Banjarmasin tidak dilanda hujan.

Baca: Bukti Kuat Followers Syahrini Hasil Beli Dibongkar Nikita Mirzani, Ini Fakta Instagram Istri Reino

Baca: Sinopsis Film Malificent : Mistress of Evil, Pernikahan Putri Aurora Terancam Karena Malificent

Baca: Jadwal Timnas Indonesia vs Uni Emirat Arab (UEA) di Kualifikasi Piala Dunia 2020, Live di Mola TV

Bahkan ditambah diperkirakan panjang masih panjangnya rentang musim kemarau yang terjadi hingga awal dan akhir November nanti, membuat kekhawatiran kondisi ini pun terus berimbas ke depannya.

" Iya karena dari BMKG sendiri memperkirakan musim penghujan masuk pada akhir November. Nah hari ini, sebagai manusia yang tidak terlepas dari kesalahan serta dosa, kami bersama warga di sekitar intake sungai Tabuk menggelar shalat Istisqo. Mudah-mudahan dengan meminta ampun dan bermunajat kepada Allah, hujan akan segera turun dan mengatasi persoalan air bersih di banua, " ungkapnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved