Berita HSU

NEWSVIDEO : Mahasiswa HSU Sampaikan 8 Tuntutan Terkait Isu Kedaulatan Hukum dan Lingkungan di DPRD

Aksi damai untuk menyampaikan aspirasi dilakukan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis.

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Aksi damai untuk menyampaikan aspirasi dilakukan puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Hulu Sungai Utara (HSU), Kamis (3/10/2019), di halaman Kantor DPRD HSU.

Di hadapan beberapa anggota DRPD HSU yang menerima kedatangan mereka, puluhan mahasiswa ini menyampaikan ada delapan tuntutan terkait isu kedaulatan hukum dan lingkungan.

Di antaranya terkait pemberian sanksi tegas bagi korporasi yang membakar lahan, penanggulangan karhutla dan juga dampak karhutla.

Kemudian juga menyampaikan tentang penolakan terhadap UU KPK, RUU KUHP dan RUU PKS serta mengutuk tindakan represif aparat terhadap aktivis.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, dengan dikawal personil Polres HSU, puluhan mahasiswa ini mengawali aksinya dengan berkumpul di halaman Masjid Raya At Taqwa Amuntai.

Baca: Gowes Tour The  Loksado Disambut Antusias,  400-an Goweser Lokal dan Nasional Sudah Mendaftar

Dari lokasi ini, dengan membawa berbagai tulisan di karton dan juga spanduk mereka bergerak melakukan longmarch menuju kantor DPRD HSU.

Tiba di halaman kantor DPRD HSU, puluhan mahasiswa ini ditemui Wakil Ketua DPRD, H Mawardi dan beberapa anggota yang lainnya.

Secara bergantian perwakilan mahasiswa kemudian menyampaikan orasi terkait tuntutan yang mereka suarakan dalam aksi damai ini.

Saat itu ajakan untuk masuk ke dalam kantor dan melakukan dialog sempat ditawarkan anggota dewan, namun puluhan mahasiswa ini menolak.

Karena menolak diajak masuk, akhirnya puluhan mahasiwa dan anggota dewan menggelar lesehan di halaman kantor DPRD HSU.

Baca: Pria Ini Kedapatan Lagi Nimbang Paketan Sabu Saat Satresnarkoba Menggerebek Rumahnya

Dari sini diperoleh kesepakatan, perwakilan DPRD HSU menerima dan akan menindaklanjuti aspirasi aliansi mahasiswa HSU.

Kemudian sebagai bukti, maka perwakilan mahasiswa dan anggota dewan sama-sama menandatangani lembaran surat tuntutan.

Yang menarik di penghujung aksi damai ini, secara tiba-tiba mahasiswa menghadiahi perwakilan anggota DPRD HSU dengan dua ekor anak ayam dan seekor anak itik.

Di hadapan puluhan mahasiswa dan anggota dewan yang hadir, anak ayam dan anak itik itu langsung diserahkan kepada tiga perwakilan anggota DPRD HSU.

Setelah tuntas melakukan aksi damai, puluhan mahasiswa ini kemudian secara bersama-sama keluar dari halaman DPRD HSU dengan tertib.(banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved