Berita Banjarbaru

Pemprov Kalsel Rombak Jabatan Direksi PT Bangun Banua, Pejabat Dirut Diganti

Pergantian itu dilatarbelakangi beberapa hal. Yang paling krusial adalah terkait rangkap jabatan di dua perusahaan daerah (perusda) milik Pemprov.

Humas Menpan RB untuk BANJARMASINPOST.CO.ID
Sekda Provinsi Kalimantan Selatan Abdul Haris saat yang membacakan sambutan Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Setelah melakukan Pengkajian dan berbagai evaluasi oleh Pemerintah Provinsi terkait Perusahaan Daerah PT Bangun Banua, akhirnya dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) Ari Bastari selaku direktur utama (dirut)  diganti.

Pergantian itu dilatarbelakangi beberapa hal.  Yang paling krusial adalah terkait rangkap jabatan di dua perusahaan daerah (perusda)  milik Pemprov. 

Pelaksana harian (Plh), Asisten Ekonomi Pembangunan Setdaprov Kalsel,  Hanif Faisol Nurofi,  Kamis (3/10/2019) menjelaskan yang bersangkutan (Ari Bastari) selain menjabat Dirut PT Bangun Banua juga menjabat Komisaris Utama (Komut)  PT Bank Kalsel, sehingga kami perlu mengambil langkah agar tidak terjadi pekerjaan ganda.

Dijelaskannya, maksud dalam penggantian ini dengan tujuan mendorong percepatan akselerasi setiap Perusda.

"Sehingga diperlukan fokus tugas masing-masing," terang Hanif yang juga Kadishut Kalsel.

Baca: Bekas Rumah Dinas Ketua DPRD Tanahlatu Dibiarkan Kosong, Sempat Jadi Rumah Singgah

Diuraikannya, Perusda harus berkontrobusi terhadap keuangan daerah, sebab sejauh ini dirinya mendapat masukan  dan cukup prihatin dengan keberadaan PT Bangun Banua,  hal itu dikarenakan dari beberapa unit usaha ada yang tidak berjalan baik. 

"Ya ambil contoh saja, Hotel Batung Batulis kan cukup memprihatinkan,  kami minta maksimalkan itu nanti.  Begitu juga dengan unit usaha lainnya milik PT BB seperti pertambangan tidak berjalan. Atas dasar itu direksi harus diganti baru,  beberapa kebijakan harua diambil untuk menyehatkan usaha, " tandas Hanif.

Dijelaskan Hanif, selanjutnya untuk mengisi kabatan direktur tersebut, akan dilakukan seleksi terbuka atau pemjaringan untuk tiga direksi sekaligus. Yakni meliputi jabatan dirut dan dua direktur. 

"Kami akan mencari orang yang profesional guna mengembangkan usaha PT Bangun Banua. Minggu depan insyaallah kita umumkan proses penjaringan pejabat manajemen PT Bangun Banua.  Yang kita cari orang yang benar-benar profesional,  apa saja syaratnya sedang dipersiapkan bapak sekdaprov,"  tandas Hanif.

Diketahui, zepeninggal Ari Bastari,  Pemprov Kalsel menunjuk Wisnadi yang sejatinya menjabat Direktur Umum PT BB sebagai Pelaksana tugas (Plt)  Dirut. 

Baca: Saksikan Tanah Longsor di Desa Hapalah Tabalong, Juwita Langsung Lari Menyelamatkan Diri

Halaman
12
Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved