Berita Banjar

Penuhi Hak Kependudukan, Andikpas Martapura Jalani Kegiatan Ini

Penuhi hak administratif anak didik pemasyarakatan (adndikpas), Lapas Anak Martapura memberikan kesempatan andikpas untuk mendapatkan KTP-El

Penuhi Hak Kependudukan, Andikpas Martapura Jalani Kegiatan Ini
Dari Robbyanoor untuk BPost
REKAMĀ - Andikpas LPKA Kelas I Martapura menjalani perekaman KTP El dan diantaranya KIA, kemarin.. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pembinaan yang dilakukan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Martapura terhadap anak didik pemasyarakatan (andikpas) setempat tak sebatas pada kegiatan kerohanian maupun pendidikan. Tapi, juga meliputi pemenuhan hak administratif kependudukan.

Pasalnya sebagian dari andikpas di LPKA Martapura juga telah cukup umur untuk mendapatkan kartu tanda penduduk elektronik (KTP El). Bagi yang masih belia, juga punya hak memiliki Kartu Identitas Anak (KIA).

Karena itu, pihak LPKA Martapura berupaya memenuhi hak-hak kewarganegaraan tersebut. Mereka pun menyurati seluruh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) se-Kalimantan Selatan (Kalsel).

Pasalnya, andikpas yang ada di LPKA Martapura berasal dari daerah-daerah (kabupaten/kota) di provinsi ini. Beberapa daerah telah menindaklanjuti dengan mengutus petugas teknis guna melakukan pelayanan administrasi kependudukan tersebut.

Baca: Sindir Barbie Kumalasari Simpanan Om-om Saat Lihat Saldo 3 Miliar, Jawaban Istri Galih ke Uya Kuya

Baca: Giliran Nindy Ayunda Sindir Pelakor Setelah Laudya Cynthia Bella-Engku Emran, Teman Luna: Kuawasi

Baca: Penjelasan BKN Saat Link SSCASN Pendaftaran CPNS 2019 Gagal Dibuka, Cek Cara Simulasi Tes CAT

Baca: Jadi Bunda Baca Balangan, Nursidah Bertekad Tingkatkan Gerakan Membaca Hingga Desa

"Setidaknya sudah ada dua daerah yang datang dan memberikan pelayanan, baik perekaman KTP El maupun untuk KIA, yakni Dukcapil Banjar dan Balangan," sebut Kepala LPKA Kelas I Martpura Muhamad Latif Safiudin, Kamis (03/10/2019).

Didampingi Kasubsi Klasifikasi merangkap Humas Robbyanoor, Latif menerangkan petugas Dukcapil Kabupaten Banjar melakukan perekaman Rabu (02/10/2019). Lalu, Kamis (03/10/2019) giliran Dukcapil Balangan.

Jumlah andikpas yang menjalani perekaman pada Rabu, bebernya, sebanyak enam orang yang menjalani perekaman yakni lima orang rekam KTP El dan satu orang KIA. Lalu pada 3 Oktober ada tiga andikpas yakni satu orang rekam KTP el dan dua orang untuk KIA.

Robbyanoor mengatakan perekaman terlaksana lancar, rata-rata sekitar setengah jam. Pada Rabu dimulai pukul 10.00 Wita hingga 10.30 Wita, sedangkan pada Kamis dimulai pukul 11.00 Wita hingga 11.30 Wita.

Dikatakannya, andikpas yang menjalani perekaman KTP El yakni yang telah berusia 17 tahun ke atas. Sementara itu andikpas yang berusia 17 tahun ke bawah mendapatkan pelayanan KIA.

Jumlah total andikpas di LPKA Martapura saat ini sebanyak 50 orang. Dari jumlah ini tercatat sekitar 15 orang yang telah memenuhi syarat untuk menjalani perekaman administrasi kependudukan.

"Jadi, selebihnya kami masih menunggu kesiapan dari pihak Dukcapil dari daerah masing-masing. Surat telah kami kirimkan ke semua Dukcapil yang ada di Kalsel," tandas Latif.

Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved