Serambi Mekkah

Perlancar Penyaluran BPNT di Kabupaten Banjar, Begini Upaya yang Dilakukan Bank BRI

Pemerintah telah menggulirkan Bantuan Pangan Non Tunai (NPNT). Di Kabupaten Banjar program bantuan sosial ini telah di-launching, Rabu kemarin.

Perlancar Penyaluran BPNT di Kabupaten Banjar, Begini Upaya yang Dilakukan Bank BRI
Kominfo Kabupaten Banjar
Bupati Banjar H Khalilurrahman menyaksikan keluarga penerima mamfaat BPNT menggesek kartu keluarga sejahtera untuk keperluan belanja beras dan telur. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemerintah telah menggulirkan Bantuan Pangan Non Tunai (NPNT). Di Kabupaten Banjar program bantuan sosial ini telah di-launching, Rabu kemarin.

Perbankan yang ditunjuk pemerintah untuk menopang penyaluran bantuan sosial tersebut yakni Bank BRI. Terutama mengenai warung khusus (E-Warong) yang akan menjadi tempat penukaran stroke belanja dari para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BPNT.

Perwakilan Bank BRI Cabang Martapura, Puji Widayati, mengatakan program E-Warong disesuaikan dengan jumlah KPM yakni sekitar 90. Idealnya E-Warong melayani 150 hingga 200 KPM sehingga tidak terjadi penumpukan dan antrean yang lama.

Bupati Banjar H Khalilurrahman secara simbolis menyerahkan kartu keluarga sejahtera kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai, Rabu (2/10).
Bupati Banjar H Khalilurrahman secara simbolis menyerahkan kartu keluarga sejahtera kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Pangan Non Tunai, Rabu (2/10). (Kominfo Kabupaten Banjar)

“Mengenai pemanfaatan E-Warong itu, kami usahakan bagi para penerima disesuaikan manfaat di sekitarnya. Kalau dari satu daerah ada 1.000, maka akan kami tempatkan lima E-Warong,” jelasnya, Kamis (03/20/2019).

Sementara itu E-Warong yang ada di wilayah pedalaman, ada beberapa daerah yang masih terkendala signal namun tetap akan diupayakan. "Pemilihan E-Warong mempertimbangkan apakah mendukung dengan alat yang ada, ini erat kaitannya dengan signal," papar Puji.

Ia menuturkan pihaknya terus melakukan sosialisasi mengenai E-Warong dan menyediakan Bansos dan PAB. Itu akan mengedukasi masyarakat untuk menggunakan kartu dan untuk agen akan dilakukan pendampingan bagaimana mengoperasikan alat.

"Bank BRI hanya menyalurkan kartu dan alat untuk pengisian dana dari pemerintah. Nominalnya sebesar Rp110 ribu per KPM,” sebut Puji. (AOL/*)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved