KalselPedia

KalselPedia - Kampung Purun Cempaka Banjarbaru Suguhkan Galeri Hasil Kerajinan Purun

Kampung purun adalah sebuah kampung yang berada di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

KalselPedia - Kampung Purun Cempaka Banjarbaru Suguhkan Galeri Hasil Kerajinan Purun
Banjarmasinpost.co.id/Aprianto
Galeri kerajinan purun di kampung Purun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kampung purun adalah sebuah kampung yang berada di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

Sejumlah rumah warga di Kampung Purun ini dijadikan galeri untuk memamerkan hasil karya dari masyarakat setempat. Berbagai jenis kerajinan tangan dijual di galeri-galeri yang ada di kampung ini.

Kampung purun ini, saat ini menjadi kawasan wisata sebagai kampung tematik yang diunggulkan sebagai kawasan kampung wisata yang ada di Kota Banjarbaru.

Kawasan ini disebut kampung purun karena banyak tanaman purun yang hidup secara alami di rawa-rawa belakang rumah warga setempat.

Baca: KalselPedia - Profil CISC Cabang Kalsel, Sediakan Rumah Singgah yang Ramah

Adanya purun itu, dimanfaatkan oleh warga setempat menjadi berbagai kerajinan tangan dengan berbagai jenis variasi kerajinan tangan.

Lokasi Kapung Purun Banjarbaru KLIK DI SINI

Terbentuk secara alami karena banyaknya purun di wilayah itu yang tumbuh secara alami dan diolah menjadi berbagai produk olahan kerajinan tangan berbahan asli dari purun.

Kampung purun ini masih asri dan setiap harinya ada para pengrajin membuat berbagai jenis produk kerajinan dari kampung purun diteras rumah baik itu membuat tas purun, tempat botol, topi purun, tas kecil, tempat pot dan beragam kerajinan lainnya.

Hasil kerajinan ini, merupakan pesanan dari para pelanggang dan sengaja dibuat untuk dipajang di rumah warga yang sengaja dijadikan galeri untuk memamerkan produk mereka kepada para pengunjung.

Seiring berjalan waktu, kawasan ini menjadi wisata kampung tematik yang menyuguhkan destinasi alami. Kampung ini juga menyuguhkan produk-produk asli dari purun dan kearifan lokal warga setempat.

Meski begitu, Kampung purun masih terus dipoles dan ditata agar tetap menjadi kampung destinasi yang dikunjungi para wisatawan.

Kampung purun tidak hanya menyuguhkan kampung destinasi yang alami, namun juga menyuguhkan proses pembuatan kerajinan purun secara langsung sehingga bisa menjadi wisata edukasi.

Banyak para pengunjung, yang bisa melihat secara langsung proses pembuatan kerajinan purun ini. Mengingat, mereka membuat di teras-teras rumah warga (banjarmasinpost.co.id/Rian)

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved