Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Tolak Pertambangan di Meratus, Ratusan Mahasiswa Banjarmasin Gelar Aksi Turun ke Jalan

Ratusan mahasiswa turun ke jalan di Kota Banjarmasin. Aksi ini, sebagai bentuk perlawanan terhadapa aktivitas tambang di Pegunungan Meratus

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Aksi unjuk rasa kembali warnai Kota Banjarmasin, kali ini berlokasi di Bundaran Hotel A persimpangan Jalan Lambung Mangkurat dan Pangeran Samudera Banjarmasin, Jumat (4/10/2019).

Unjuk rasa kali ini dimotori Aliansi BEM se-Indonesia yang libatkan kurang lebih seratus mahasiswa.

Membentuk lingkaran dibalut dengan spanduk panjang berisi slogan dan kata-kata protes, mereka melakukan orasi di tengah lalu lalang arus lalu lintas Kota Banjarmasin.

Spanduk panjang bertuliskan #savemeratus dan #climateemergency dibentangkan oleh para mahasiswa yang gunakan jas almamater berbagai macam warna kebanggaan kampusnya masing-masing.

Baca: Jadwal Live Streaming Liverpool vs Leicester City Liga Inggris Pekan 8 di TV Online Mola TV

Baca: ACT Fasilitasi Kepulangan Pengungsi Wamena ke Sumatera Barat

Baca: Kekhawatiran Ruben Onsu pada Thalia Saat Teror Muncul Lagi, Ayah Betrand Peto Ungkap Keanehan Ini

Baca: Persiapan 89 Persen, Endah Optimis November Bandara Syamsudin Noor Layani Penerbangan Internasional

Tak hanya mahasiswa dari Kalsel, ada puluhan mahasiswa yang berasal dari berbagai kampus di Indonesia.

Pada aksi kali ini, mahasiswa pengunjuk rasa kembali menyuarakan terkait penolakannya terhadap rencana eksplorasi dan kegiatan pertambangan di kawasan Pegunungan Meratus di Kalsel.

Belasan orator bergantian naik ke atas mobil pick up sambil memegang pengeras suara orasikan penolakan mereka atas rencana eksplorasi di Meratus.

Mereka menilai penolakan mereka tak hanya sebatas menolak eksplorasi pertambangan namun juga memikirkan potensi dan akibat yang meluas jika kawasan Pegunungan Meratus juga dibabat.

"Meratus tidak cuma soal pertambangan karena akan ada banyak dampak yang meluas termasuk mengancam terwujudnya konsep kemandirian pangan," kata salah satu orator.

Salah satu koordinator aksi, Ghulam Reza nyatakan kurang lebih ada 40 kampus yang mahasiswanya hadir mengikuti unjuk rasa ini.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved