Berita Kalteng

KaltengPedia : Jembatan Layang Tumbang Nusa di Jalur Kalteng ke Kalsel

Jembatan layang Tumbang Nusa terletak di Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabirenraya, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah.

KaltengPedia :  Jembatan Layang Tumbang Nusa di Jalur Kalteng ke Kalsel
(dok.bpost)
Jembatan layang Tumbang Nusa Kecamatan Jabirenraya Kabupaten Pulangpisau, Kaimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PULANGPISAU - Jembatan Layang atau lebih tepatnya sering disebut juga Jalan Layang Tumbang Nusa terletak di Desa Tumbang Nusa Kecamatan Jabirenraya, Kabupaten Pulangpisau, Kalimantan Tengah.

Jembatan ini panjangnya diperkirakan mencapai 10 kilometer, dibangun dengan konstruksi Pile Slab karena kawasan jalan trans kalimantan poros selatan yang menghubungkan Palalangkaraya ke Banjarmasin rawan banjir.

Jalur penghuhung Kalsel dan Kalteng tersebut, sangat vital, karena jadi jalur angkutan sembako dan barang dari Kalsel ke Kalteng. Sebelum terbangun jembatan sekitar sepuluh kilometer terendam banjir saat Sungai Kahayan dan Kapuas meluap hingga merendam jalur tersebut, sangat mengganggu lalulintas kendaraan yang lewat.

Akibatnya , kendaraan bermotor saat melintas jalan terpaksa diangkut menggunakan kapal kelotok milik masyarakat yang sekali angkut satu sepeda motor dikenakan tarif hingga Rp30 ribu, sedangkan mobil tidak bisa lewat, karena rawan terjebak kubangan.

Baca: Bebby Fey Dikejar Anjing Gara-gara Billy Syahputra, Ada Rahasia Dada Palsu Seteru Atta Halilintar

Baca: Gambut di OKI Terbakar, Harta Karun Kerajaan Sriwija Bermunculan, 1 Meter Bisa Dapatkan Emas

Baca: Tuding Syahrini Beli Followers, Istri Reino Barack Cueki Nikita Mirzani dan Incar Anak Buaya

Baca: Kabur Pasca Gelar Resepsi Mewah, Pengantin Pria Ini Bikin Mempelai Wanita Tanggung Hutang Rp 1,6 M

Jembatan dibangun secara bertahap menggunakan dana APBN hingga beberapa tahun anggaran, dan dibangun  semasa  dua kali jabatan Gubernur Kalteng yakni saat kepemimpinan H Asmawi Agani (Alm) dan Gubernur A Teras Narang.

Awalnya , Jalan lempengen beton tersebut panjangnya hanya tujuh  kilometer, namun ternyata banjir terus meluas sehingga jembatan atau jalan layang Tumbang Nusa diperpajang tiga kilometer sehingga saat ini pajangnya mencapai 10 kiloneter.

Kabarnya, jembatan layang Tumbang Nusa saat ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia.

(banjarmasinpost.co.id/ faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved