Banjarbaru Pemenang 2019

Pemeriksaan Iva dan Sadanis di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Banjarbaru

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya membuka kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva)

Pemeriksaan Iva dan Sadanis di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor Banjarbaru
Humas Pemko Banjarbaru
Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya membuka kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) dan periksa payudara klinis (Sadanis) di Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Sabtu, (5/10) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya membuka kegiatan Pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (Iva) dan periksa payudara klinis (Sadanis) di Kelurahan Syamsuddin Noor Kecamatan Landasan Ulin, Banjarbaru, Sabtu, (5/10).

Turut hadir pada kegiatan ini Kepala Puskesmas Guntung Payung Dr Indriyani Yanuareni, Ketua TP PKK Kecamatan Landasan Ulin, Fitrah Subhan dan Ketua TP PKK Kelurahan Syamsudin, Noor Ika Maulida.

Kepala Puskesmas Guntung Payung, Dr Indriyani Yanuareni, selaku panitia pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa Pemeriksaan Iva dan Sadanis di Wilayah Kelurahan Syamsuddin Noor ini merupakan kegiatan rutin.

cek Iva dan Sadanis
cek Iva dan Sadanis (Humas Pemko Banjarbaru)

"Kegiatan rutin ini telah dilakukan MoU dengan Kelurahan Syamsuddin Noor, Kecamatan Landasan Ulin, dengan Puskesmas Guntung Payung terkait Pemeriksaan Iva dan Sadanis," katanya.

Kegiatan ini sudah kedua kalinya dilaksanakan.

Pada Pemeriksaan Iva dan Sadanis ini juga dilakukan Pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM).

"Kegiatan IVA dan Sadanis untuk ke dua kalinya ini diikuti sebanyak 70 orang peserta," katanya.

Wakil Ketua I TP PKK Kota Banjarbaru Hj Eny Apriyati Darmawan Jaya menyampaikan bahwa pemeriksaan iva dan sadanis dianjurkan untuk rutin dilakukan.

Pemeriksaan Iva dan Sadanis
Pemeriksaan Iva dan Sadanis (Humas Pemko Banjarbaru)

"Karena berguna untuk mendeteksi kanker sedini mungkin. Metode ini bertujuan untuk mendeteksi kanker secara dini, sehingga dampak buruk penyakit ini dapat diperkecil," katanya.

Pemeriksaan Iva adalah pemeriksaan leher rahim (Serviks) dengan cara melihat langsung dengan mata telanjang leher rahim setelah memulas leher rahim dengan larutan asam asetat tiga sampai dengan lima persen.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved