Berita Banjarbaru

Air Bersih SPAM Banjarbakula Belum Tersambung ke Batola dan Banjarmasin, Ini Permasalahannya

Program air bersih Banjarbakula di bawah koordinasi Balai SPAM Banjarbakula Kalsel sejauh ini berjalan dengan baik dan terukur.

Air Bersih SPAM Banjarbakula Belum Tersambung ke Batola dan Banjarmasin, Ini Permasalahannya
mukhtar wahid
Proyek penggalian pipanisasi PDAM Banjarbakula Kota pelaihari, Tanahlaut. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Program air bersih Banjarbakula di bawah koordinasi Balai SPAM Banjarbakula Kalsel sejauh ini berjalan dengan baik dan terukur.

Jika sebelumnya ada kesepakatan kerjasama terkait Jasa Pelayanan Air Curah, dengan PDAM Intan Banjar.

150-200 liter per detik dalam tahun ini sudah dikerjasamakan pula dengan Pemkab Tanahlaut melalui PDAM-nya pemanfaatan curah sebanyak 20 liter per detik dari Balai SPAM Banjarbakula.

Sementara untuk PDAM Bandarmasih Banjarmasin dan Batola hingga belum ada permintaan.

Baca: Penginapan Bakal Full Boxing Adanya Event Gowes Tour De Loksado, Inilah Daftar Penginapan di Loksado

Baca: Harganya Tak Sampai Rp 100.000, Inilah 5 Penginapan di Yogyakarta yang Murah Meriah

Baca: Isi Chat WA Baim Wong dan Marshanda Tak Sengaja Terbongkar, Paula Verhoeven Langsung Bereaksi

"Kalau ke Banjarmasin untuk di suplai ke PDAM Bandarmasih masih belum. Saat ini infonya Balai Sungai Wilayah (BWS) masih ujicoba 500 liter air baku. Itu untuk mengetes saluran pipa yang baru disambung ada kebocoran tidak," kata Kepala Balai SPAM Banjarbakula, Nazarudin Al Khaidar.

Diterangkan Nazarudin Al Khaidar, jika tidak ada hambatan dan selesai pemeliharaan maka aset akan dilimpahkan ke Pemprov Kalsel dan PUPR akan melimpahkan ke BP SPAM Banjarbakula untuk pengelolaanya.

"Untuk ke Batola masih belum karena masih belum terhubung pipanya," tandas pria yang di sapa Anas ini.

Sementara, Kepala Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Pelaksaan Jaringan Pemanfaatan Air Kalimantan II Kalsel, Muhammad Noor, dikonfirmasi Minggu (6/10/2019) menjelaskan, pengerjaan pipanisasi dari IPA Pinus II ke Pematang Panjang sudah rampung dan kini dalam tahap pemeliharaan.

"Ini statusnya pemeliharaan dan pinjam pakai. Sejatinya bisa dimanfaatkan untuk PDAM Bandarmasih juga. Karena 2019 selesai dan bisa mendistribusikan ke PDAM Bandarmasih. Untuk pelimpahan aset kami koordinasi juga dengan pusat dan Pemprov Kalsel termasuk Balai SPAM Banjarbakula. Saat ini perhitungan konsultan kapasitas air di intake Bendungan Karang Intan bisa memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan PDAM," ujarnya.

Ditambahkan dia distribusi air ke IPA Pinus dari intake sudah berjalan. Penyatuan sumber air ini masuk dalam program Banjarbakula yang menghubungkan lima kabupaten dan kota. Yaitu Kabupaten Banjar, Kota Banjarbaru, Kabupaten Tanahlaut, Kabupaten Barito Kuala, dan Kota Banjarmasin.

"Untuk ke Batola infonya selesai 2019 ini," sebutnya. (banjarmasinpost.co.id/lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved