Berita Tapin

Bantuan Keuangan Parpol Tapin Dicairkan, 60 Persen Buat Pendidikan Politik Konstituen

Bantuan dana bagi partai politik dicairkan Pemerintah Kabupaten Tapin sesuai perolehan kursi pada Pemilu Legislatif, April 2019 lalu.

Bantuan Keuangan Parpol Tapin Dicairkan, 60 Persen Buat Pendidikan Politik Konstituen
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Inilah anggota DPRD Kabupaten Tapin masa jabatan 2019-2024 berfoto bersama usai rapat paripurna DPRD Kabupaten Tapin, Senin (5/8/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Bantuan dana bagi partai politik dicairkan Pemerintah Kabupaten Tapin sesuai perolehan kursi pada Pemilu Legislatif, April 2019 lalu.

Sekretaris DPD Partai Golkar Kabupaten Tapin, H Muryasin mengaku bantuan keuangan bagi partai politik (parpol) tiga peruntukan.

Tiga peruntukan itu, sebutnya pendidikan politik bagi konstituen dengan porsinya 60 persen, berkenaan dengan alat tulis kantor 20 persen dan 20 persen sisanya pemeliharaan sekretariat parpol.

Muryasin yang juga Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Tapin ini, merinci pendidikan politik itu meliputi seminar, dialog interaktif atau dialogis dan kunjungan kerja ke lapangan sekaligus sosialiasi.

Baca: BERLANGSUNG LIVE MOLA TV - Live Streaming Man City vs Wolves di Liga Inggris, Ini Susunan Pemain

Baca: Ketakutan Roger Danuarta Saat Sifat Jelek Cut Meyriska Ditanyakan Terungkap, Vicky Prasetyo Bereaksi

Baca: Artis Dangdut Academy Ditangkap Bersama Temannya, Diduga Konsumsi Sabu Sebanyak Ini

"Secepatnya setelah dana bantuam parpol itu dicairkan Pemerintah Kabupaten Tapin, kami bergerak. Kami tidak menggunakan dana talangan karena itu berisiko tinggi," ujarnya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Minggu (6/10/2019).

Muryasin mengaku bantuan keuangan bagi parpol itu paling banyak Partai Golkar Kabupaten Tapin sesuai perolehan kursi sebanyak delapan kursi.

"Partai Golkar Kabupaten Tapin meraih Delapan kursi dan suara terbanyak kadernya Haji Yamani, yaitu 5036 suara," ujarnya membanggakan.

Menurut Muryasin, pendidikan politik itu memunculkan kader pemimpin partai melalui dialog interaktif.

"Dialog interaktif itu akan memunculkan kader pemimpin yang dibawa dalam sarasehan. Itupun masih ada syarat lainnya, yaitu loyalitas terhadap partai, kapabilitas, ijazah pendidikan yang bersangkutan mumpuni dan kemampuan finansial," katanya.

Sementara, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tapin, Raniansyah mengatakan sosialiasi bantuan keuangan bagi parpol peraih kursi di DPRD Kabupaten Tapin sudah disosialisasikan.

Bantuan keuangan bagi parpol itu sesuai jumlah perolehan kursi di DPRD Kabupaten Tapin, jelas mantan Camat Tapin Selatan ini.

Pencairan dana keuangan bagi parpol itu dilaksanakan oleh pengurus parpol bersangkutan di Kantor Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tapin.

"Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Tapin hanya memberikan sosialiasi dan memverifikasi kelengkapan dokumen pencairan bantuan keuangan bagi partai. Ini berlaku di seluruh Indonesia," katanya. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Berikut ini data parpol peraih kursi di DPRD Kabupaten Tapin

1. Partai Golkar : Delapan Kursi
2. PDIP : Tiga Kursi
3. PKB : Tiga Kursi
4. PKS : Dua Kursi
5. Partai Gerindra : Dua Kursi
6. Partai Nasdem : Dua Kursi
7. Partai Demokrat : Dua Kursi
8. PAN : Satu Kursi
9. PPP : Satu Kursi
10. Partai Berkarya : Satu Kursi

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved