Berita Batola

Kalselpedia : Mengenal Industri Jamur Danda, di Kecamatan Rantau Bedauh, Kabupaten Batola

Janda di Kabupaten Batola rasanya gurih jika dinikmati, janda-janda tersebut mempunyai bibit kualitas yang baik.

Kalselpedia : Mengenal Industri Jamur Danda, di Kecamatan Rantau Bedauh, Kabupaten Batola
banjarmasinpost.co.id/edi nugroho
Budidaya jamur danda (Janda) atau jamur tiram danda di Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Bedaauh, Kabupaten Batola. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) adalah jamur pangan dari kelompok Basidiomycota dan termasuk kelas Homobasidiomycetes dengan ciri-ciri umum tubuh buah berwarna putih hingga krem dan tudungnya berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung.

Selama ini Jamur tiram masih satu kerabat dengan Pleurotus eryngii dan sering dikenal dengan sebutan King Oyster Mushroom.

Sementara itu bila berkunjung ke Kabupaten Batola ada yang kurang bila belum melihat keberadaan janda-janda di kabupaten setempat. Selain, janda di Kabupaten Batola rasanya gurih jika dinikmati, janda-janda tersebut mempunyai bibit kualitas yang baik.

Namun janda-janda itu ada di Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Bedaauh, Kabupaten Batola. Janda ini bukan istri yang bercerai atau ditinggal mati suaminya. Tapi janda itu singkatan jamur danda (Janda) atau jamur tiram danda di Desa Danda Jaya.

Baca: Rendah Kalori dan Sumber Serat yang Baik, ini 5 Kebaikan Jamur untuk Tubuh

Baca: Miliki Prospek Menjanjikan, Belasan Petani Banjar Antusias Belajar Budidaya Jamur Tiram

Baca: Makin Menjamur, Varian Rasa Cake Lumer Mulai Original Hingga Greentea

Awalnya memang agak menarik namanya janda tersebut. Nama janda, pasti orang berpikir agak ngeres. Bekas istri orang atau ditinggal mati suami. Tapi janda ini nama itu menarik. Di desa ini, sudah cukup lama membudiyakan janda.

Ada sepuluh kelompok yang aktif. Kalau musim panen, satu hari bisa panen satu kuital janda. Jumlah yang tidak sedikit.

Janda ini sudah dikembangkan lama oleh warga Desa Dandan Jaya. Hanya pada 2019 ini, pihak desa melalui Bumbes memberikan penyertaan modal untuk kepada para kelompok usaha janda tersebut.

Kalau warga pernah lihat janda-janda di desa ini baik pengolahannya atau hasilnya, pasti janda-janda kami akan selalu menarik dilihat dan dikunjungi semua orang. Di desa Danda Jaya lengkap dari proses awal sampai panen janda ada lokasi khususnya.

Budidaya jamur danda (Janda) atau jamur tiram danda di Desa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Bedauh yang berkembang pesat bukan isapan jempol belaka. Bahkan, selama ini janda di desa tersebut lebih legit bila dinikmati.

Janda ini dikembangkan di seluruh RT di Desa Danda Jaya. Namun semua perwakilan RT diambil satu atau beberapa warga untuk ikut mengembangkan budididaya janda tersebut.

Halaman
123
Penulis: Edi Nugroho
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved