Berita Banjarbaru

Talkshow Kesiapan Mental Mahasiswa Baru, ini Paparan Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat

Ratusan peserta antusias mengikuti kegiatan talkshow kesiapan mental mahasiswa baru untuk meningkatkan ketahanan dalam menghadapi permasalahan

Talkshow Kesiapan Mental Mahasiswa Baru, ini Paparan Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan Masyarakat
Foto prof Husaini untuk BPost
Talkshow Kesiapan Mental Mahasiswa Baru 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ratusan peserta antusias mengikuti kegiatan talkshow kesiapan mental mahasiswa baru untuk meningkatkan ketahanan dalam menghadapi permasalahan di dunia perkuliahan.

Digelar Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Fakultas Kedokteran unit konseling dan pengembangan karir (UKPK), di aula utama Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru.

Menghadirkan Prof Dr Husaini SKM Mkes, Guru Besar Bidang Ilmu Kesehatan masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

Dia memaparkan materi meningkatkan disiplin diri untuk menghindari masalah dalam perkuliahan, cara manajemen diri untuk kesiapan mental, cara efektif menangani tekanan dan masalah.

Baca: Awal Mula Dendam Nikita Mirzani pada Syahrini Reino Barack Hingga Aisyahrani

Baca: Mampu Satukan Umat, Gubernur Kalbar Sutarmidji Ajak Umat Muslim Kalbar Jaga Ustadz Abdul Somad (UAS)

Baca: Penolakan Roger Danuarta Jawab Pertanyaan Raffi Ahmad Tentang Cut Meyriska: Bisa Tidur di Luar

"Kunci sukses kuliah. Tatap masa depan (impian), cintai bidang studi anda, rajin dan disiplin dalam belajar ya manajemen waktu, dokumentasikan catatan kuliah, kuasai kompetensi inti dan penguatan, kembangkan persaingan yang sehat, perluas networking," katanya, Minggu (6/10).

Dia juga mengatakan ada godaan selama jadi mahasiswa diantaranya pergaulan bebas, kemajuan dunia IT positif dan negatif, budaya instanst (ingin cepat selesai, ingin mudahnya saja (copy paste), yang penting lulus dulu, kerjaan belakangan.

Kegiatan positif menolong jika ada benturan kehidupan.

Hair juga pemateri Rika Vira Zwangery M.Psi, psikolog, yang menyampaikan cara efektif menangani tekanan dan masalah.

Sedangkan Neka Erliyani M.Psi, psikolog yang juga merupakan Ketua Prodi Psikologi ULM memaparkan materi cara manajemen diri untuk kesiapan mental.

"Seorang pemenang sesungguhnya adalah pribadi yang mampu mengalahkan fikiran negatif pembungkam potensi. kalau saat ini kamu mengalami kekalahan, jangan menyalahkan orang lain sebelum kamu melakukan evaluasi diri," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/niakurniawan)

Penulis: Nia Kurniawan
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved