Berita Banjarmasin

9 dari 100 Ribu Penderita Kanker Meninggal Dunia Setiap Tahun

Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar seminar sehari membahas tentang kanker darah dan kanker payudara, Selasa

9 dari 100 Ribu Penderita Kanker Meninggal Dunia Setiap Tahun
banjarmasinpost.co.id/ghanie
dr Wulandewi Marhaeni yang juga merupakan spesialis anak serta konsultan, satu dari dua narsum pada seminar bertemakan hidup sehat jauhi kanker. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar seminar sehari membahas tentang kanker darah dan kanker payudara, Selasa (8/10/2019) tadi.

Bertempat di Aula Yayasan Kanker Indonesia Cabang Kalsel Jalan Dharma Praja Raya Kota Banjarmasin, seminar tersebut menghadirkan dua pembicara.

Mereka yakni dr Budianto Tedjowitomo yang merupakan spesialis bedah serta konsultan dan dr Wulandewi Marhaeni spesialis anak serta konsultan

Seminar bertemakan hidup sehat jauhi kanker.

Baca: Tak Malu Verrell Bramasta dan Febby Rastanty Mesra di Depan Umum, Perlakuan Mantan Natasha Disorot

Baca: Karier Ayu Ting Ting Terancam Gara-gara Enji Baskoro? Sosok Ini Ingatkan Ibu Bilqis Soal Perilaku

Baca: Disebut Pelakor di Rumah Tangga Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Angela Lee Ngamuk ke Sosok Ini

Ketua YKI cabang Kalsel, Hj Faridah Hasan Aman, mengatakan alasannya mengangkat tema tersebut, mengingat angka penderita kanker di Indonesia yang cukup tinggi.

Pada tahun 2018 lalu saja ia menyebutkan ada terdapat 349 ribu penderita baru penyakit kanker, 270 ribu orang meninggal akibat kanker dan 775 ribu penderita kanker menahun.

Tidak hanya itu, data miris lainnya juga terlihat ada sebanyak 14 dari 100.000 orang berisiko menderita kanker tiap tahunnya dan 9 orang diantaranya bahkan berisiko meninggal akibat kanker.

"Ini lah alasan kami pada seminar menghadirkan narasumber yang kompeten di bidangnya. Terutama tentang kanker darah yang akhir-akhir ini banyak menjadi penyebab kematian supaya masyarakat pun bisa membiasakan hidup sehat untuk menjauhi kanker," jelas Hj Faridah.

Sedangkan Ketua Pelaksana Seminar Sehari, Evy Nurmina Izaak mengatakan ada sekitar 120 peserta yang diundang pada acara tersebut.

Mereka yang hadir tersebut merupakan berasal dari organisasi wanita se Kalsel meliputi PKK, Darma Wanita, Ikatan Istri Dokter Indonesia, Ikatan Istri BUMN, Perosi dan lainnya.

"Kegiatan ini terlaksana juga merupakan hasil kerjasama YKI Kalsel dengan Pemerintah Provinsi Kalsel yang telah menghibahkan dananya," jelas Evy.

(banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved