Berita Banjarmasin

ULM Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Soal Smart City di Kalsel

Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali jadi tuan rumah Seminar Internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (8/10/2019).

ULM Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Soal Smart City di Kalsel
banjarmasinpost.co.id/acm
ULM Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Membahas Pengembangan Smart City di Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kembali jadi tuan rumah Seminar Internasional di Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel), Selasa (8/10/2019).

Bertajuk Joint International & National Seminar Smart City Governance Based on Digital Service, seminar kali ini membahas pengembangan dan pentingnya pelayanan digital bagi sebuah Kota untuk menuju Smart City.

Seminar ini merupakan kerjasama antara Pemerintah Kota Banjarmasin, ULM dan Universitas Brawijaya yang juga hadirkan akademisi dari beberapa negara dengan Smart City termasuk Thailand dan Malaysia.

Dilaksanakan di General Building ULM, ULM yang diwakili Wakil Rektor IV Prof. Dr. Ir. H. Yudi Firmanul Arifin sebagai tuan rumah seminar menjadi stakeholder penting dalam konsep Pentahelix yaitu keterlibatan akademisi, pemerintah, industri, media massa dan masyarakat untuk wujudkan Banjarmasin sebagai Smart City di Kalsel.

Baca: Karier Ayu Ting Ting Bisa Terancam Gegara Enji Baskoro? Sosok Ini Ingatkan Ibu Bilqis Soal Perilaku

Baca: Setelah Cita Citata, Via Vallen Juga Ngamuk, Ini Curhat Pedangdut Kesayangan Rhoma Irama Itu

Baca: Disebut Pelakor di Rumah Tangga Raffi Ahmad & Nagita Slavina, Angela Lee Ngamuk ke Sosok Ini

Hal ini diakui oleh Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina, dimana dalam sambutannya Ia menyatakan SKPD-SKPD di Lingkup Pemko Banjarmasin membutuhkan pendampingan para akademisi agar dapat dengan efektif menjalankan konsep-konsep Smart City yang dicanangkan Pemerintah.

"Supaya governmentnya smart dan selanjutnya masyarakatnya juga diajak smart," kata H Ibnu Sina.

Saat ini menurutnya, Pemko Banjarmasin terus upayakan fokus pada tiga aspek penting dalam pengembangan Banjarmasin sebagai Smart City yaitu e-helath, e-sampah dan Plaza Smart City.

Secara umum sejauh ini ketiga aspek tersebut sudah dapat terpenuhi dimana dengan diresmikannya RSUD Sultan Suriansyah beberapa waktu belakangan yang sudah melayani pendaftaran pelayanan secara online dan terhubung secara online dengan Puskesmas-Puskesmas menjadi langkah besar dalam perwujudan konsep e-health.

Konsep e-sampah juga dapat dikatakan sudah berjalan dengan terhubungnya lima belas Bank Sampah secara online yang miliki fitur pembayaran berbagai layanan mulai dari BPJS Kesehatan, rekening listrik, Air dan yang lainnya.

"Jadi masyarakat nasabah Bank Sampah bisa bayar bertransaksi berbagai macam tagihan dan keperluan di Bank Sampah," terangnya.

Halaman
12
Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved