Tradisi Batajak Rumah Masyarakat Banjar

Ini yang Harus Dilakukan Terhadap Rumah Kita Setelah Dibangun, Ustadzah Nurul: Hiasi dengan Alquran

Semua orang ingin punya rumah yang baik. Baik dalam artian tidak hanya secara fisik rumahnya tapi juga mendatangkan kebaikan bagi penghuni

Ini yang Harus Dilakukan Terhadap Rumah Kita Setelah Dibangun, Ustadzah Nurul: Hiasi dengan Alquran
banjarmasinpost.co.id/salmah saurin
Ilustrasi : Pembangunan rumah yang sudah dibeton. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Semua orang ingin punya rumah yang baik. Baik dalam artian tidak hanya secara fisik rumahnya tapi juga mendatangkan kebaikan bagi penghuni dan orang yang menginap.

Sejatinya, ukuran dan bentuk rumah bukan menjadi jaminan penghuninya betah dan rumah mendatangkan berkah. Tapi sebaliknya prilaku dan kebiasaan penghuninya lah yang menjadi acuan.

Menurut Ustadzah Nurul Safarina asal Kota Banjarmasin, paling penting kita lakukan adalah rumah selalu menjadi tempat ibadah kita. Laksanakan shalat dan bagus lagi ada ruangan untuk ibadah.

"Jadikan rumah sebagai tempat membimbing anggota keluarga untuk dekat kepada Allah SWT. Jika saat kita beribadah di masjid atau surau maka doakan pula rumah kita agar selalu diberkahi," terangnya.

Kemudian hiasi rumah dengan lantunan ayat suci Alquran. Biasakan ada anggota keluarga yang mengaji setiap hari, minimal saat Subuh dan usai shalat Maghrib.

Baca: Begini Tata Cara Membangun Rumah Supaya Berkah, Begini Paparan Ustadz dari Banjarmasin

Baca: WOW! Sampai-sampai Intan Ditanam di Empat Penjuru, Begini Adat di Kalsel Bangun Rumah

Baca: Katupat Digantung di Empat Penjuru saat Warga Kalsel Membangun Rumah, Ini Perhitungannya

"Selain mendatangkan pahala, juga mendatangkan keberkahan bagi diri dan anggota keluarga," terang Rina.

Penting pula adalah terapkan syariat Islami, saat kita masuk rumah ucapkan Assalamualaikum. Ada atau tidak ada orang di dalam, saat kita membuka pintu ucapkan salam. Ini juga dapat mengusir jin yang mungkin singgah di rumah tatkala kita tinggalkan sementara waktu.

Bagus pula memasang dekorasi Islami di dinding rumah. Misal ayat Alquran, Hadits nabi. Gunanya untuk selalu mengingatkan kita pada sang khalik sehingga meningkatkan kesadaran beribadah.

Pembangunan rumah yang masih berupa rangka.
Pembangunan rumah yang masih berupa rangka. (banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Jika ada tamu maka perlakukan dengan baik, karena kedatangan tamu dapat memberikan keberkahan dan melayaninya berpahala.

Saat kita ada kelebihan makanan maka biasakan membagi rezeki kepada tetangga, semampu kita. Ini juga akan mendatangkan keberkahan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved