Berita Jakarta

Sambut Hari Museum Nasional 12 Oktober, Generasi Milenial Diminta Cinta Museum

Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi

Sambut Hari Museum Nasional 12 Oktober, Generasi Milenial Diminta Cinta Museum
Nicholas Ryan Aditya
Museum Bahari nampak dikunjungi oleh siswa-siswi Sekolah Dasar, namun minat generasi milenial masih kurang Selasa (8/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Direktorat Jenderal Kebudayaan melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan Seminar bertajuk ‘Museum Sebagai File Peradaban Bagi Kreatifitas Generasi Milenial’ di Museum Bahari Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Acara ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Museum Indonesia pada tanggal 12 Oktober.

Menurut Direktur PCBM, Drs Fitra Arda, ke depannya peran museum akan berfokus sebagai tempat merawat kebhinnekaan. Ia mengajak agar generasi milenial dapat menjaga warisan sejarah yang ada di museum.

“Bangsa kita itu dilahirkan berbeda, itu kekuatan kita, museum tidak hanya untuk edukasi tapi juga rekreasi,” kata Fitra pada seminar di Museum Bahari Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Baca: Air Mata Ruben Onsu Menetes Gara-gara Kelakuan Betrand Peto, Curhat pada Ayu Ting Ting & Wendy Cagur

Baca: Raffi Ahmad Juga Raba Artis ini di Depan Nagita Slavina Sebelum Video Angela Lee Beredar

Baca: Satu Kesalahan Fatal Luna Maya Saat Pacaran Bikin Gagal Nikah, Termasuk Ariel NOAH & Reino Barack

Fitra juga mengajak semua peserta seminar untuk menjaga dan merawat museum karena termasuk kebudayaan bangsa.

“Kebudayaan harus multidisiplin, dalam artian ini tugas nasional, bukan tugas dari satu dirjen kebudayaan dan pihak pemprov saja, ini tugas bersama, jadi kita buat museum ini tidak hanya jadi seremonial saja, tapi momentum peradaban,” jelasnya.


Museum Wayang yang berada di Kawasan Kota Tua Jakarta.(Dok. Jakarta Tourism)

Senada dengan Fitra, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Unit Pengelola Museum Kebaharian, Bambang Ismadi menaruh harapan pada generasi milenial agar semakin mencintai museum, dan mencintai peninggalan bersejarah.

“Acara ini sangat kami apresiasi, karena kalangan milenial, museum dianggap tidak menarik dan kuno, kami berharap dengan adanya ini adik-adik bisa cinta pada museum, cinta pada peninggalan sejarah, kita jadi tau perkembangan sejarah dan akhirnya cinta tanah air,” ujar Bambang.

Sementara itu, Ketua Adventure Documentary Festival Academy, Astryd Diana Savitri mengajak generasi milenial untuk menghasilkan karya kreatif ketika berkunjung ke museum.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved