Berita Banjarbaru

Belajar Cara Menulis Dongeng dan Cara Mendongengnya, Para Remaja Ini Ungkapkan Ini

Sebanyak 60 pelajar dan remaja dari Kota Banjarbaru dan Martapura begitu antusias belajar cara menulis dongeng dan cara mendongeng.

Belajar Cara Menulis Dongeng dan Cara Mendongengnya, Para Remaja Ini Ungkapkan Ini
istimewa
Suasana kegiatan kampung dongeng 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Sebanyak 60 pelajar dan remaja dari Kota Banjarbaru dan Martapura begitu antusias belajar cara menulis dongeng dan cara mendongeng.

Selama tiga hari, sejak Selasa, (8/10/2019) hingga Kamis, (10/10/2019) mereka menjalani Bimbingan Teknis Aktualisasi Minat Anak dan Remaja yang dilaksanakan oleh Kampung Dongeng Intan Kalsel bekerjasama dengan dinas pendidikan Kalsel.

Kegiatan ini dilaksanakan di aula BP-PAUD & DIKMAS KALSEL di Banjarbaru. Selama tiga hari, para remaja ini mendapatkan materi Harie Insani untuk penulisan cerita dan Gazali Rahman untuk materi Madihin.

"Banyak ilmu yang kita dapat selama pelatihan ini, senang bisa berkumpul dengan teman-teman dari Banjarbaru dan Martapura," kata Aisha Salsabilla, Kamis, (10/10/2019).

Baca: Foto Prewedding Citra Kirana dan Rezky Aditya Diduga Bocor, Kini Ciki Pilih Kebaya Pengantin?

Baca: Blokir Raffi Ahmad, Kemarahan Laudya Cynthia Bella Istri Engku Emran Dibongkar Zaskia dan Irwansyah

Baca: Sabu 2,7 Kilogram Gagal Beredar di Banjarmasin, Pelaku Mahasiswa PTS di Banjarmasin Diupah Rp10 Juta

Baca: Urinenya Mengandung Amphetamine, Oknum Anggota Dewan Kapuas Ini Diamankan Bersama Seorang Mahasiswi

Pelajar dari SMAN 2 Banjarbaru ini menuturkan setelah menjalani bimtek itu, dirinya semakin mengerti cara menulis dongeng dan cara mendongen hingga belajar Madihin.

Bawaidi dari forum anak dari Kabupaten Banjar menuturkan bahwa dirinya senang bisa belajar bersama dengan remaja lainnya cara mendongeng dan madihinan.

"Kita mengingap di sini, sehingga banyak teman baru dan saling mengenal selain belajar cara mendongeng dan madihinan," ujarnya.

Ketua Kampung Dongeng Intan Kalsel Enik Mintarsih berharap dengan kegiatan bimtek itu, para pelajar semakin mengerti dan mengetahui tentang cara menulis dongeng dan cara mendongeng.

"Para remaja ini dilatih dan dibimbing cara penulisan dongeng hingga pesan-pesan bijak dalam madihinan," katanya.

Para remaja yang mengikuti bimtek itu, dikatakannya merupakan pilihan dari para pelajar yang sudah mengirimkan karya tulis terkait dengan dongeng dan madihinan.

"Bimtek ini ada dua agenda yakni Penulisan cerita atau dongeng cerita Banjar dan penuturan kata-kata bijak melalui Madihin," lanjutnya.

Baca: BREAKING NEWS : Tahanan Rutan Tanjung Coba Bunuh Diri Sebelum Sidang, Sayat Tangan Pakai Benda Tajam

Baca: Luka Menkopolhukam Wiranto di Perut, Dievakuasi ke RSPAD Gatot Subroto, Penusuk Terpapar Radikalisme

Baca: Bantah Reino Barack Kenang Luna Maya, Syahrini Beberkan Alasan Liburan ke Italia

Para peserta berasal dari pendidikan formal dan non formal, komunitas hingga forum anak dari Kota Banjarbaru dan Kabupaten Banjar.

“Total peserta ada 60 pelajar. Sesuai arahan Direktorat Pembinaan Pendidikan Keluarga Kemendikbud, peserta memang harus terseleksi. Sejak dua bulan lalu kami sudah mendata para pelajar berprestasi dan menembusi pihak sekolah untuk mengirimkan karya tulis mereka,” tambahnya (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved