Berita Tapin

Geger Kebakaran Lahan Dekati Rumah Warga Desa Baringin A Candi Laras Selatan Tapin

Kebakaran lahan di RT 7 Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin mengegegerkan warga karena mendekati pemukiman

Geger Kebakaran Lahan Dekati Rumah Warga Desa Baringin A Candi Laras Selatan Tapin
Dari BPBD Tapin untuk BPost
Kebakaran lahan menggegerkan warga RT 7 Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan (CLS), Kabupaten Tapin, Kamis (10/10/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Peristiwa kebakaran lahan di RT 7 Desa Baringin A Kecamatan Candi Laras Selatan, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Kamis (10/10/2019) menggegerkan warga setempat.

Terutama kalangan perempuan yang histeris ketika melihat kobaran api yang membakar lahan pertanian padi bekas panen itu mendekati permukiman.

Peristiwa kebakaran lahan itu viral di media sosial jejaring instagram Warga Banua, dan mendapat puluhan komentar dari warganet.

Kepala Desa Beringin A, Ragib membenarkan kebakaran itu membuat heboh warganya, terutama di lingkungan RT 7 di kampung Sungai Jinggah.

"Saya ikut memadamkan kebakaran juga. Banyak yang terlibat sehingga api berhasil dipadamkan sore hari. Api itu diketahui sekitar pukul 10.00 Wita hingga membesar pukul 12.00 Wita," katanya.

Baca: Operasi Sikat Intan 2019, Polresta Banjarmasin Amankan 38 Tersangka

Baca: NEWSVIDEO : Keren, Taman Edukasi Banjarmasin Dilengkapi WiFi Trash Bin

Baca: Zaskia Gotik Kabur Saat Vicky Prasetyo Datang, Luapkan Amarah pada Raffi Ahmad dan Ruben Onsu

Baca: Nadjmi-Jaya Merapat Ke Nasdem dan Golkar, Aditya-Iwansyah Belum Serahkan Berkas

Ragib, Kepala Desa Beringin A menambahkan sejumlah kebun jeruk dan kebun rambutan milik warga turut terbakar dalam musibah kebakaran lahan tersebut.

"Ini peristiwa kebakaran kedua selama tahun ini. Sebelumnya kebakaran yang mendekati Puskesmas Margasari di Jalan Baringin," katanya.

Regu pemadam kebakaran lahan dari Posko Satgas Karhulta di Desa Sungai Rutas Hulu dibantu personel Posko Induk BPBD Kabupaten Tapin berjibaku hampir tiga jam menjinakan jago merah.

Peralatan mesin pompa air portabel dan pengetahuan jalur api dan melihat arah angin, pemadam kebakaran lahan akhirnya menguasai keadaan.

Baca: BERLANGSUNG! Link Live Streaming Brasil vs Senegal Brasil Global Tour 2019 di TV One, Live TVone

Baca: LINK Live Streaming Mola TV Uni Emirat Arab vs Indonesia Kualifikasi Piala Dunia TV Online Live TVRI

Baca: NEWSVIDEO : Penampakan Sabu Seberat 2,7 Kilogram yang Gagal Beredar di Banjarmasin

Informasi dari Posdalops BPBD Tapin, lahan bekas panen padi itu diperkirakan mencapai lima hektar yang terbakar.

Data Pusdalops BPBD Kabupaten Tapin, delapan titik hot spot terdapat di Kabupaten Tapin, empat hot spot di Kecamatan Binuang, dua hot spot di Kecamatan Piani, masing-masing satu hot spot di Kecamatan Candi Laras Selatan dan Candi Laras Utara.
(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved