Berita Banjarmasin

Jadi Ruang Publik Baru di Kota Seribu Sungai, Ini Keunikan Taman Edukasi Milik Banjarmasin

Kota Banjarmasin akan memiliki ruang publik barunya. Bernama Taman Edukasi, ruang publik ini bakal berbeda dengan taman lainnya.

Jadi Ruang Publik Baru di Kota Seribu Sungai, Ini Keunikan Taman Edukasi Milik Banjarmasin
istimewa
Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin, Marzuki saat menunjukkan salah satu fasilitas canggih, WiFi Trash Bin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kota Banjarmasin Kalimantan Selatan kini segera akan memiliki ruang publik barunya. Bernama Taman Edukasi, ruang publik ini juga terbilang berbeda dengan taman lainnya.

Karena selain menyediakan pemandangan yang sangat nyaman dan indah untuk bersantai terutama malam hari, taman ini juga disertai fasilitas-fasilitas yang unik atau jarang dimiliki kota lainnya bahkan di Indonesia.

Ya, fasilitas itu salah satunya adalah WiFi Trash Bin. Sesuai namanya, bak sampah ini bekerja cukup menarik di tengah pesatnya kemajuan teknologi saat ini.

Pasalnya, bagi pengunjung ingin memanfaatkan fasilitas internet gratis yang telah tersedia di lokasi tersebut, maka ia cukup membuang sampah di wifi trash bin tersebut.

Baca: Blokir Raffi Ahmad, Kemarahan Laudya Cynthia Bella Istri Engku Emran Dibongkar Zaskia dan Irwansyah

Baca: Sabu 2,7 Kilogram Gagal Beredar di Banjarmasin, Pelaku Mahasiswa PTS di Banjarmasin Diupah Rp10 Juta

Baca: LINK MOLA TV! Live Streaming Timnas Indonesia vs UEA, Kualifikasi Piala Dunia Siaran Langsung TVRI

Baca: Urinenya Mengandung Amphetamine, Oknum Anggota Dewan Kapuas Ini Diamankan Bersama Seorang Mahasiswi

Bak sampah yang bersumber energi dari listrik itu pun kemudian secara otomatis merespon sampah yang dibuang ke dalamnya dengan memberikan password.

Sehingga dari password yang ditampilkan melalui teks berjalan di wifi trash bin itu pula, sang pengunjung pun bisa mengakses Internet gratis di sekitar Taman Edukasi.

" Iya benar, jadi persis seperti yang tergambar pada sebuah di Instagram itu. Jadi pas kita membuang sampah ke dalam wadah tersebut, maka akan muncul password pada wifi trash bin tersebut," ungkap Marzuki, Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin.

Meskipun saat disinggung, jenis sampah apa saja yang bisa menghasilkan password akses Internet tersebut, pria yang akrab disapa Bang Zeck itu mengaku belum bisa menjelaskan secara detail.

Menurutnya saat ini yang telah sukses memberikan password akses Internet yaitu adalah bekas botol air mineral berukuran sedang.

" Nah, itu yang masih belum saya tahu. Tapi untuk lebih jelasnya nanti bisa kami sampaikan setelah taman edukasi resmi dibuka," kata Bang Zeck.

Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin mengatakan saat ini taman edukasi masih dalam tahapan penyempurnaan.

Ia menargetkan taman akan telah dibuka secara umum pada awal November mendatang kepada masyarakat bila ingin bersantai seraya menikmati layanan Internet gratis.

Baca: Bantah Reino Barack Kenang Luna Maya, Syahrini Beberkan Alasan Liburan ke Italia

Baca: Mesranya Afgan dan Rossa di Hari Ulang Tahun, Sang Diva Bahas Tentang Pernikahan

Baca: Tahanan Narkoba Rutan Tanjung Coba Bunuh Diri, Sempat Video Call Keluarga Tapi Tak Tersambung

" Insha Allah, awal november mendatang sudah dibuka untuk umum. Karena saat ini masih tahapan finalisasi lantaran ada yang harus disempurnakan," jelasnya.

Bang Zeck juga mengatakan tujuannya menyediakan wifi trash bin tersebut di tengah kota Banjarmasin untuk menanamkan sikap menjaga lingkungan, terutama kebiasaan membuang sampah.

" Sehingga sesuai namanya, Taman Edukasi masyarakat pun terbiasa membuang sampah pada tempatnya," tutupnya. (banjarmasinpost.co.id /Ahmad Rizki Abdul Gani)

Penulis: Ahmad Rizky Abdul Gani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved