Banjarbaru Pemenang 2019

Kampung Iwak Kelurahan Mentaos Banjarbaru Ditetapkan Sebagai Kampung Mandiri Perikanan

Kampung Iwak yang terletak di Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru dicanangkan sebagai Kampung Mandiri Perikanan.

Kampung Iwak Kelurahan Mentaos Banjarbaru Ditetapkan Sebagai Kampung Mandiri Perikanan
Humas Pemko Banjarbaru
Suasana pencanangan kampung iwak dan panen ikan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kampung Iwak yang terletak di Kelurahan Mentaos, Kota Banjarbaru dicanangkan sebagai Kampung Mandiri Perikanan.

Pencanangan ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Badan Riset dan SDM Kementerian Perikanan Maman Hermawan yang diserahkan kepada Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani dan Ketua TP PKK Hj Ririen Kartika Rini, Rabu (9/10).

Kampung Iwak merupakan zona khusus perikanan di Kota Banjarbaru yang merupakan centra ikan konsumsi dan pembenihan serta mengaplikasikan teknologi terbaru dalam pembuatan pakan ikan dan pembesaran ikan.

Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani mengatakan meskipun Banjarbaru adalah Kota, tapi kawasan pertanian dan perikanan yang potensial harus tetap pertahankan.

"Ulun ingin kolam-kolam ini dipertahankan. Makanya kita bantu untuk pengembangan dengan pelatihan dan branding kampung iwak” Kata Nadjmi Adhani.

Suasana pencanangan kampung iwak dan panen ikan.
Suasana pencanangan kampung iwak dan panen ikan. (Humas Pemko Banjarbaru)

Menurut Wali Kota, kawasan Kampung Iwak terhampar di lahan seluas 47 Hektar dengan 200 lebih petak kolam ikan untuk pembenihan dan pembesaran ikan.

Pihaknya berharap agar di Kampung Iwak ini juga dikembangkan pemeliharaan ikan non konsumsi karena potensi ekonominya sangat besar.

Setelah pencananganan, itu Wali Kota beserta undangan diajak berkeliling Kampung Iwak menggunakan kereta odong-odong untuk meninjau pos informasi Kampung Iwak dan juga untuk menikmati panganan berbahan ikan.

Selain itu juga diresmikan Sekretariat Koperasi Perikanan oleh Wali Kota Banjarbaru.

Suasana pencanangan kampung iwak dan panen ikan.
Suasana pencanangan kampung iwak dan panen ikan. (Humas Pemko Banjarbaru)

Wali Kota berharap nantinya koperasi ini dapat berkembang dan mampu mensejahterakan anggotanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di UPT Produksi Perikanan Budidaya Air Tawar di Kelurahan Mentaos ini juga dihadiri oleh Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Tegal, Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Bitung Manado, Kepala Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol Bali, Dekan Fakultas Perikanan ULM dan Kepala Dinas terkait.

Kegiatan diakhiri dengan panen ikan papuyu bersama Wali Kota Banjarbaru, Sekretaris Badan Riset dan SDM KP serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjarbaru (AOL/*).

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved