Berita Kalteng

Relawan Beri Edukasi Kesehatan dan Makanan Sehat Bagi Penderita Dampak Asap Kalteng

Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah,memberikan edukasi kesehatan tentang bahaya Karlahut sekaligus membagikan makanan sehat.

Relawan Beri Edukasi Kesehatan dan Makanan Sehat Bagi Penderita Dampak Asap Kalteng
Dari Tim Relawan untuk BPost
Relawan saat membantu warga bantaran sungai di Palangkaraya, Kalimantan Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Relawan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kalimantan Tengah, Kamis (10/10/2019) menyusuri pemukiman pinggiran sungai untuk memberikan edukasi kesehatan tentang bahaya kebakaran lahan dan hutan (Karlahut) sekaligus membagikan makanan sehat.

Haryati, warga Kelurahan Bereng Bengkel Kota Palangkaraya menceritakan kondisi keluarga dan tetangganya yang terkena infeksi saluran pernafasan dan gangguan kesehatan lainnya, akibat asap kebakaran lahan dan hutan dalam dua bulan terakhir.

Dia berharap tidak adalagi kabut asap dampak kebakaran lahan, karena sangat mengganggu kesehatan manusia." Jangan adalagi kebakaran yang menimbulkan kabut asap, karena sangat merugikan orang banyak," ujarnya.

Pemberian edukasi tentang pentingnya menjaga lingkungan juga diberikan relawan melalui penyuluhan.

"Yang sangat rentan gangguan kesehatan akibat asap karlahut yaitu pada anak-anak. dimulai dengan batuk-batuk, kemudian sesak nafas, dan gangguan kesehatan lainnya," ujar Abdullah koordinator program bantuan Relawan PKS Kalteng.

Baca: LINK Live Streaming TVOne Brazil vs Senegal di Brasil Global Tour 2019, Siaran Langsung TV One

Baca: Denis Jalani Rawat Jalan di Rutan Tanjung, Setelah Coba Bunuh Diri dengan Menyayat Tangan

Baca: Urinenya Mengandung Amphetamine, Oknum Anggota Dewan Kapuas Ini Diamankan Bersama Seorang Mahasiswi

Baca: Dua Tahanan Kejari HSU yang Coba Kabur ini Kini Dimasukan Sel Pengasingan

Menurut Abdullah, informasi dari warga bahwa mereka perlu mendapatkan layanan check kesehatan dan makanan dan minuman sehat untuk memulihkan kembali kondisi warga yang memang terdampak asap karlahut.

Progam pemulihan dan edukasi di permukiman pinggir sungai Kelurahan Bereng Bengkel yang dihadiri oleh 100 warga.

"Ibu-ibu maupun anak-anak yang sangat antusias mengikuti kegiatan edukasi kesehatan dan bahaya asap akibat karlahut di Kalimantan Tengah," ujar Hari Purwanto, Ketua DPC PKS Kecamatan Sabangau.

Dalam pesannya dihadapan masyarakat, Hari menyampaikan bahwa meski saat ini bukan waktunya kampanye, justru PKS hadir ditengah masyarakat ketika masyarakat membutuhkan bantuan dan layanan akibat dampak asap karlahut ujar mantan Aktivis HMI ini. (banjarmasinpost.co.id / faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved