Dunia Gawai

Terancam IMEI Dimanipulasi! 40 Juta Pengguna Samsung Galaxy S dan Note Harus Waspada

Samsung mewanti-wanti pengguna smartphone flagship-nya mulai dari Galaxy S8, lini S10, Note 9, hingga lini Note 10 tentang adanya celah keamanan.

Terancam IMEI Dimanipulasi! 40 Juta Pengguna Samsung Galaxy S dan Note Harus Waspada
KOMPAS.com/ OIK YUSUF
Punggung perangkat dilabur warna keemasan dengan finishing satin. Tampak modul kamera ganda dan pemindai sidik jari yang disusun secara vertikal. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Samsung mewanti-wanti pengguna smartphone flagship-nya mulai dari Galaxy S8, lini S10, Note 9, hingga lini Note 10 tentang adanya celah keamanan.

Total ada 21 celah keamanan yang terdeteksi, 17 di antaranya menargetkan antarmuka One UI dan empat lainnya menyasar software Android. Yang paling serius, adanya potensi manipulasi nomor identitas perangkat alias IMEI.

Menanggapi celah ini, Samsung segera merilis Security Maintenance Release (SMR) yang mencakup penambal celah keamanan untuk Google dan Samsung.

Dihimpun KompasTekno dari Forbes, celah keamanan SVE-2019-15435 yang mengancam Galaxy S9 dan Galaxy Note 9 masuk dalam kategori serius.

Baca: VIRAL Video Mesum 7 Siswa SMK di Tuban Beredar, Terdengar Teriakan Suara Seorang Cewek

Baca: VIRAL VIDEO Batu Raksasa Seberat 200 Ton Timpa Rumah Warga Hingga Hancur, Ini Penjelasan BNPB

Baca: Heboh Syahrini Keguguran, Sosok Orang Dekat Istri Reino Barack Ungkap Fakta, Senasib Irish Bella?

Celah ini mengancam 30 juta pengguna Galaxy S9 dan 10 juta pengguna Galaxy Note 9 di seluruh dunia. Tidak banyak yang diungkap Samsung tentang potensi celah keamanan di duo smartphone flagship itu.

Mereka hanya mengatakan bahwa SVE-2019-15435 akan membahayakan nomor identitas perangkat, alias IMEI.

"Peningkatan keamanan di dalam IMEI dibutuhkan untuk melindungi potensi manipulasi IMEI," tulis Samsung dalam laman resminya.

Kemungkinan, manipulasi IMEI digunakan untuk "membersihkan" IMEI yang masuk daftar hitam (blacklist) karena perangkat telah dicuri. Sehingga, perangkat tersebut bisa kembali dijual dengan nomor IMEI yang telah "dipulihkan".

Pembaruan keamanan ini telah dirilis oleh Samsung beberapa hari lalu. Pengguna Galaxy S series dan Note series yang disebut di atas bisa segera memperbarui sistem keamanannya.

Caranya, pergi ke menu "setting" lalu pilih "software update", kemudian pilih "download and install" untuk memperbarui software secara manual. Pastikan lebih dahulu bahwa perangkat telah terkoneksi dengan internet.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "40 Juta Pengguna Samsung Galaxy S dan Note Terancam Manipulasi IMEI",

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved