Berita Kesehatan

WADUH! Kesepian Ternyata Picu Kematian, Fakanya Menurut Dirut RSJ Sambang Lihum

Kamis (10/10) ini merupakan Hari Kesehatan Jiwa Dunia atau World Mental Health Day. Banyak makna yang dapat dipetik dari peringatan setiap tanggal 10

WADUH! Kesepian Ternyata Picu Kematian, Fakanya Menurut Dirut RSJ Sambang Lihum
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi 

Wawancara Ekslusif: dr H IBG Dharma Putra MKM, Dirut RSJ Sambang Lihum

BANJARMASINPOST.CO.ID - Kamis (10/10) ini merupakan Hari Kesehatan Jiwa Dunia atau World Mental Health Day. Banyak makna yang dapat dipetik dari peringatan setiap tanggal 10 Oktober tersebut. Paling utama meneguhkan pentingnya kesehatan jiwa. Selain itu perlunya kita memperhatikan mereka yang menderita gangguan jiwa.

Keluarga besar Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Sambang Lihum menggelar peringatan hari tersebut akhir pekan lalu. Menyadari pentingnya Hari Kesehatan Jiwa Dunia, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor hadir bersama Ketua DPRD Kalsel H Supian HK.

Ada beberapa hal penting yang sedang dan akan dilakukan RSJ Sambang Lihum mewujudkan momen tersebut. Berikut petikan wawancara Banjarmasin Post dengan Dirut RSJ Sambang Lihum dr H IBG Dharma Putra MKM di ruang kerjanya di kawasan Jalan Gubernur Syarkawi, Gambut.

Memaknai Hari Kesehatan Jiwa Dunia, hal penting apa yang ingin Anda sampaikan?

Baca: VIRAL Video Mesum 7 Siswa SMK di Tuban Beredar, Terdengar Teriakan Suara Seorang Cewek

Baca: Heboh Syahrini Keguguran, Sosok Orang Dekat Istri Reino Barack Ungkap Fakta, Senasib Irish Bella?

Baca: Air Mata Ruben Onsu Menetes Gara-gara Kelakuan Betrand Peto, Curhat pada Ayu Ting Ting & Wendy Cagur

Jangan sampai kesepian. Soalnya kesepian menjadi pembunuh yang lebih hebat daripada kanker.

Ada apa dengan kesepian?

Kalau kita amati, sekarang kan banyak orang yang merasa kesepian. Nah, kesepian itu penyebab depresi dan orang yang depresi bisa nekat hingga bunuh diri dan ini berdampak pada orang-orang di sekitarnya. Sekarang kan banyak tingkah yang aneh-aneh di balik kasus bunuh diri.

Aneh seperti apa?

Depresi. Merasa tidak aman dengan keluarga. Lalu membunuh anak, istri, kemudian bunuh diri. Itu sebabnya pada peringatan Hari Kesehatan Jiwa Dunia ini, saat seminar kemarin, tema yang kami angkat adalah tentang pencegahan bunuh diri pada anak dan remaja.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved