Berita Tanahbumbu

NEWSVIDEO : Berkah Kemarau, Petani Semangka Di Desa Manunggal Tanahbumbu Panen Besar

Hasil terobosan inovasi dan inspiratif Poktan desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang menghasilkan panen buah semangka yang melimpah.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sebuah terobosan menginovasi dan inspiratif kelompok tani (Poktan) Desa Manunggal, Kecamatan Karangbintang Kabupaten Tanahbumbu. Bahkan terobosan itu sekaligus menjadi berkah mereka di tengah musim kemarau panjang melanda.

Kala itu cuaca begitu terik oleh sinar matahari yang mulai menggelincir ke barat. Meski terasa menyengat kulit, tidak membuat para petani di desa tersebut risau.

Sebaliknya mimik ceria dan perasaan senang kala itu menyelimuti wajah mereka, jelas tergambar saat memanen buah semangka yang terhampar luas di lahan seluas lebih kurang empat hektare yang dikelilingi lahan pertanian.

Perasaan senang disertai senyum lebar sesekali mengembang dari bibir mereka, saat memetik satu-persatu buah semangka yang terhampar di tengah ladang luas.

Buah semangka yang dipetik rata-rata berukuran besar, dengan bobot empat sampai lima kilogram.

Baca: Hentikan Operational Perusahaan Tambang, Agus Kedapatan Polisi Saat Bawa Senjata Tajam

Baca: Syarat Penting yang Perlu Diperhatikan Untuk Pendaftaran CPNS 2019, seleksi di link sscn.bkn.go.id

Baca: Perjuangan Santriwati Banjar pada Pemilihan Pelajar Pelopor 2019 di Jakarta, Begini Hasilnya

Baca: Warga Batola Kedapatan Angkut Bensin Bersubsidi di Candi Laras Utara Tapin

Hasil terobosan inovasi dan inspiratif Poktan desa Manunggal, Kecamatan Karang Bintang.

Sebuah terobosan yang inspiratif, meski di tengah kemarau panjang mendera. Poktan di desa itu masih mampu menciptakan usaha yang bisa mengumpulkan pundi-pundi rupiah untuk mencukupi kebutuhan hidup keluarga.

Kusmanudin, salah-satu petani mengatakan, keberhasilan Poktan di tengah musim kemarau panjang melanda para petani sekarang ini.

Keberhasilan kegiatan panen raya buah semangka menghasilkan pundi-pundi rupiah, diakui Kusmanudin, tidak terlepas adanya binaan petugas Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Karang Bintang.

Dituturkan Kusmanudin, motivasi keberhasilan dengan pola mereka (Poktan) beralih jenis tanaman. Ketika musim hujan bertanam padi, saat kemarau mereka melakukan budidaya tanaman buah semangka di lahan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Herliansyah
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved