Fakta Daun Sirsak untuk Kesehatan

PAKAI JAMPI-JAMPI, Daun Sirsak Dipercaya Bisa Hilangkan Angin Dalam Tubuh, Warisan Turun-Temurun

Sudah ada sejak zaman orang tua dulu. Bukan mitos, tapi tradisi dan menjadi keyakinan. Daun siksak bisa menghilang angin dalam tubuh

PAKAI JAMPI-JAMPI, Daun Sirsak Dipercaya Bisa Hilangkan Angin Dalam Tubuh, Warisan Turun-Temurun
kompas.com
Ilustrasi daun sirsak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Sudah ada sejak zaman orang tua dulu. Bukan mitos, tapi tradisi dan menjadi keyakinan. Daun siksak bisa menghilang angin dalam tubuh atau dalam istilah dialek Banjar--cabut mencucuk--.

Bahkan tidak cuman di zaman orang tua dulu. Keyakinan menjadi salah-satu tradisi kearifan lokal khusus warga Kalimantan Selatan ini masih ada dan terjaga hingga sekarang.

Daun sirsak atau sirih umumnya biasa digunakan untuk 'tetamba' (berobat). Tentunya bukan hanya sekadar daun, tapi tradisi 'cabut mencucuk' dilakukan oleh orang memiliki keahlian.

Berobat dilakukan dengan cara tradisional atau disebut tetamba, tentunya tidak semua orang bisa melakukan dan memiliki keahlian. Karena ada prosesi dilakukan misal, dengan membaca 'jampi-jampi atau doa.

Baca: VIRAL Video Mesum 7 Siswa SMK di Tuban Beredar, Terdengar Teriakan Suara Seorang Cewek

Baca: VIRAL VIDEO Warga Samarinda Berteriak Histeris Ada Hantu Kuyang, Muncul Seorang Wanita: Allahu Akbar

Baca: Settingan Penusukan Menkopolhukam Wiranto Diungkap Putri Amien Rais, Twitter Hanum Rais Disorot

Tradisi atau kemampuan itu, biasanya 'lahir' secara turun-temurun. Itu pun tidak semua keturunan, misal dalam satu keluarga mungkin hanya satu atau dua orang yang bisa 'mewarisi' keahlian tersebut.

Arbiansyah, misalnya. Mengaku memiliki keahlian itu, setelah mewarisi keahlian yang dulunya dimiliki nenak dari orangtuanya laki-laki.

"Dulunya nenek saya yang bisa. Setelah beliau tidak ada diwariskan (diajarkan) ke aku. Ada doa-doanya. Tidak asal pakai daun sirsak," ujar Arbiansyah warga Kotabaru.

Menurut Arbiansyah, dapat mewarisi keahlian menghilangkan angin di dalam tubuh. Bukan cuman sekadar keterunan, akan tetapi juga ada keyakinan.

"Pastinya memiliki keyakinan. Dan berdoa kepada Allah SWT. Karena menghilangkan angin menggunakan daun, hanya sebuah ikhtiar. Yang bisa menyembuhkan tetap Allah SWT," ujarnya.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved