Berita Tapin

Pemkab Tapin Fasilitasi Isbat Nikah dan Nikah Massal, Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapin

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin, Harliansyah mengatakan kouta nikah massal dan Isbat Nikah sebanyak 54 pasangan

Pemkab Tapin Fasilitasi Isbat Nikah dan Nikah Massal, Meriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapin
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Rapat persiapan kegiatan isbat nikah dan nikah massal memeriahkan Hari Jadi ke 54 Kabupaten Tapin di Pendopo Balahendang Rantau , Jumat (11_10_2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapin memfasilitasi warganya yang ingin menikah dan meresmikan pernikahan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Tapin, Harliansyah mengatakan kouta nikah massal dan Isbat Nikah sebanyak 54 pasangan.

"Warga yang ingin menikah atau permohonan isbat nikah dipersilakan mendaftar di Kantor Urusan Agama Kecamatan hingga 30 Oktober ini," katanya kepada reporter Banjarmasinpost.co.id, Jumat (11/10/2019).

Harliansyah, menjelaskan apabila permohonan Isbat Nikah dinyatakan lengkap, sidang penetapan isbat nikah pasangan suami istri berlangsung di Pengadilan Agama Rantau.

Baca: Ujian Kesabaran Nagita Slavina Gara-gara Ulah Raffi Ahmad, Ayah Rafathar Lakukan Pengakuan Dosa

Baca: Kehamilan Jennifer Dunn Disorot Saat Mertua Faisal Harris Lakukan ini di Hari Ulang Tahun

Baca: Keanehan Identitas Pelaku Penusukan Menkopolhukam Wiranto, Fakta Baru Abu Rara & Fitri Terungkap

Begitu juga dengan permohonan pernikahan, jika dinyatakan lengkap akan dinikahkan di Kantor Urusan Agama Kecamatan sesuai domisili pemohon.

"Perayaan pasangan Isbat Nikah dan peserta pernikahan itu bersamaan dengan peringatan Hari Jadi Kabupaten Tapin," katanya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tapin, Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan yang didaulat menyerahkan kutipan Isbat Nikah dan buku nikah pasangan tersebut.

Menurutnya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tapin juga akan mengeluarkan dokumen kependudukan bagi pasangan peserta Isbat Nikah dan Nikah Massal.

"Dokumen kependudukan itu dapat berupa akta kelahiran anak atau Kartu Identitas Anak. Dokumen itu nantinya diserahkan Kepala Daerah bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapin," katanya.

Pasangan suami istri pesrrta Isbat nikah massal dan nikah massal akan diarak keliling dengan angkutan becak hias sebagai peresmian pernikahan mereka.

Ketua Pengadilan Agama Rantau, Hj Noor Asiah mengapresiasi program yang dilaksanakan Pemkab Tapin yang menggelar Isbat Nikah sekaligus nikah massal tersebut.

"Kedepannya kami menawarkan kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tapin untuk melakukan sidang terpadu. Semoga kerjasama itu terealisasi pada anggaran 2020 nanti," katanya.

Noor Asiah menjelaskan, pada Pengadilan Agama Rantau dikenal dengan istilah sidang prodeo bagi pemohon yang tidak mampu secara finansial.

"Tentu saja andaikan kami mengetahui Isbat Nikah massal, tentu pemohon isbat nikah prodeo kami ikutkan dalam kegiatan memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Tapin," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved