Berita Kalteng

UPR Siapkan SDM Dokter untuk Rumah Rumah Sakit Tipe A di Kalteng

Rencana Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang akan membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe A di Jalan Tjilik Riwut Palangkaraya

UPR Siapkan SDM Dokter untuk Rumah Rumah Sakit Tipe A di Kalteng
tribunkalteng.co/fathurahman
Rektor UPR, Andire Elia Embang. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Rencana Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah yang akan membangun rumah sakit umum daerah (RSUD) tipe A di Jalan Tjilik Riwut Palangkaraya, Trans Kalimantan arah Palangkaraya-Kasongan, Kabupaten Katingan direspons Universitas Palangkaraya (UPR).

Rektorat UPR terus melakukan pembenahan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Fakultas Kedokteran UPR sehingga alumnus FK UPR siap ditempatkan pada sejumlah rumah sakit yang ada di Palangkaraya dan kabupaten lainnya.

Rektor UPR, Andrie Elia Embang, Jumat (11/10/2019) mengatakan, pihaknya terus meningkatkan kualitas lulusan FK UPR.

Bahkan, sebut dia, jika dulunya penerimaan mahasiswa kedokteran terbatas hanya 50 orang pertahun, nantinya akan lebih banyak lagi dari yang ada tersebut.

Baca: Ujian Kesabaran Nagita Slavina Gara-gara Ulah Raffi Ahmad, Ayah Rafathar Lakukan Pengakuan Dosa

Baca: Kehamilan Jennifer Dunn Disorot Saat Mertua Faisal Harris Lakukan ini di Hari Ulang Tahun

Baca: Keanehan Identitas Pelaku Penusukan Menkopolhukam Wiranto, Fakta Baru Abu Rara & Fitri Terungkap

Baca: Tertipu Rp 130 Juta, Barbie Kumalasari Marah-marahi Uya Kuya, Istri Galih Ginanjar Beli Barang KW?

"Tahun ini ada 100 mahasiswa dan mahasiswi," ujarnya.

Bukan hanya itu, sebut dia, rencana Pemprov Kalteng yang akan membangun rumah sakit tipe A nantinya akan banyak merekrut tenaga medis juga sudah dipersiapkan UPR.

Untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit tersebut, UPR sudah menambah mahasiswa baru dan akan terus dikembangkan.

"Saat ini Fakultas Kedokteran UPR sudah terakreditasi B, lulusan mahasiswa dan mahasiswi FK UPR akan memiliki daya saing nasional dan global sesuai dengan standar pemerintah. Kami juga akan membangun rumah sakit pendidikan khusus untuk UPR dengan meningkatkan puskesmas menjadi klinik dan kedepan akan jadi klinik rawat inap, ini untuk meningkatkan grade FK UPR yang sudah sepuluh tahun berdiri," ujarnya.

Sementara itu, Infornasi dari Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah, Suyuti Syamsul, rencana pembangunan RSUD baru milik Pemprov Kalteng akan dibangun di Jalan Tjilik Riwut km 38 yang sudah direncanakan akan direalisasikan dalam tahun 2019 ini dan tahun 2021 langsung operasional.

"Rumah sakit baru tipe A yang akan dibangun tersebut, merupakan RS khusus untuk rujukan yang di dalamnya memiliki kekhususan penanganan pasien dengan penyakit tertentu, lebih spesifik dari rumah sakit tipe lainnya, pelayanan yang dilakukan bisa lebih optimal," ujar Suyuti.

banjarmasinpost.co.id / faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved