Berita Banjarmasin

Unsur Pimpinan DPRD Kalsel Pertimbangkan Wacana Regulasi Pemberdayaan Pemuda

Menyadari besarnya potensi sumber daya karya anak-anak muda di Banua, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syaripuddin

Unsur Pimpinan DPRD Kalsel Pertimbangkan Wacana Regulasi Pemberdayaan Pemuda
banjarmasinpost.co.id/acm
Wakil Ketua DPRD Kalsel saat temui Kelompok Seni Sekumpul Teater di Rumah Banjar 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menyadari besarnya potensi sumber daya karya anak-anak muda di Banua, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), M Syaripuddin pertimbangkan wacana usulan regulasi pemberdayaan pemuda.

Regulasi ini menurut M Syaripuddin dimaksudkan sebagai jembatan agar para pemuda yang miliki sumber daya karya bisa lebih terakomodir untuk mengangkat dan harumkan nama Kalsel di Indonesia bahkan dunia.

Diakuinya, saat ini masih banyak pemuda dengan sumber daya karya yang bagus harus banyak berkorban secara pribadi untuk kembangkan karyanya walaupun mereka membawa nama Kalsel.

Satu diantaranya kelompok Sering Kumpul (Sekumpul) Teater asli Kota Banjarmasin yang berkiprah di bidang karya seni teater yang dikombinasikan dengan seni drama, sastra, musik dan tari.

Baca: Sinyal Menikah Faisal Nasimuddin Malah Dibalas Penolakan Luna Maya, Mantan Ariel Yakini ini

Baca: Tak Pamer Jet Pribadi Anak Sandra Dewi, Raphael Moeis Malah Pamerkan Naik Angkutan Rakyat ini

Baca: Mulan Jameela Dapat Teror Misterius, Paket Tanpa Nama Diterima Istri Ahmad Dhani

Mengisi puluhan panggung dari satu kota ke kota lainnya membawa nama Banjarmasin dan Kalsel sudah sering dilakukan kelompok ini.

Bahkan, melalui Grup Instrumen Eksperimental Sastrawi Penembak Jitu di bawah naungan Sekumpul Teater, mereka sudah melaksanakan tur di 14 titik di kawasan Jawa, Bali dan Malaysia.

Prihatinnya, mereka melaksanakan seluruh kegiatan tersebut murni dibiayai dana pribadi yang dikumpulkan secara kolektif dari para anggotanya.

Karena itu, mereka sempat datang dan bersilaturahmi dengan para Wakil Rakyat di Rumah Banjar untuk mendapatkan dukungan serta fasilitasi agar dapat terus berkarya membawa nama Kalsel hingga ke kancah Internasional.

Dijelaskan Perwakilan Sekumpul Teater, Angga Buana Jaya, mereka sangat membutuhkan bantuan fasilitasi dari Pemerintah Daerah setidaknya untuk mewadahi karya mereka sehingga dapat dikemas lebih baik untuk ditampilkan baik di daerah sendiri maupun di luar daerah.

"Tentu kami harapkan bantuan Pemda, karena kami berpikir Pemerintah Daerah sebagai orang tua kami tempat mengadu," kata Angga saat bertemu Wakil Ketua DPRD Kalsel, M Syaripuddin beberapa waktu lalu.

M Syaripuddin menyatakan hal ini lah yang menjadi dasarnya untuk mengajak semua pihak termasuk Pemerintah Daerah untuk lebih perhatikan Sumber Daya Karya yang dimiliki anak muda Kalsel.

"Dprd sebagai jembatan, harus dicarikan regulasi supaya mereka bisa berkarya dengan baik, mungkin dengan memanfaatkan dana daerah. Apalagi di bikin Karya seni yang menarik mengangkat Kalsel," kata Bang Dhin sapaan akrab M Syaripuddin.

Setidaknya menurut Bang Dhin, mereka bisa lebih diakomodasi di daerahnya sendiri sehingga bisa menjadi daya tarik pariwisata bagi Kalsel.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved